Monday, December 4, 2023

Setelah Boikot

Semangat boikot supaya ini tidak terus terjadi

Assalamulaikum. 

Kalau hari ini kamu memutuskan untuk ikut gerakan boikot produk-produk yang terafiliasi dengan zionazi, yakin udah punya barang pengganti yang bisa kamu andalkan? 

Sekitar 10-15 tahun lalu, waktu pertama aku mulai boikot, ga perlu banyak barang pengganti. Tinggal ga usah dikonsumsi lagi. Hari ini, ketika kita boikot, kita perlu memikirkan juga solusinya. 

Jadi, ternyata banyak sekali produk dan kebiasaan kita yang terafiliasi dengan zionazi. Dan aku tu pusing, yeorobun

Gini ya, karena aku tu ga bisa berbuat banyak buat membantu perjuangan rakyat Palestina, yang bisa aku lakukan disini ya aku lakukan. Donasi, walau ga seberapa, aku bisa. Berjuang angkat senjata, ga bisa. Share dan terus-terusan posting atau posting ulang konten-konten pro-Palestina, aku bisa. Ikut gerakan julid fisabilillah, sepertinya bisa tapi belum sempet karena emang lagi hectic aja di kantor. Pengen banget sebenarnya yaa. 

Terus apalagi ya bisa aku lakukan? Ya, boikot bisa. Konsekwensinya, aku jadi sedikit repot mengubah kebiasaan belanja. Kalau cuma jajan mah bisa di warung madura. Belanja bulanan yang biasa di indomaret deket rumah terpaksa aku hentikan. Seperti aku bilang, repot. Tapi, ga serepot rakyat Palestina kehilangan semua aspek kehidupan mereka. Cuma repot ganti gaya belanja doang mah, ah, kecil. 

Solusinya? Aku belanja online. Waktu scrolling buat nyari barang yang tidak terafiliasi zionazi jadi lebih panjang. Harus makin sabar. Ya ga masalah sih. Apalagi masih ada COD dan gratis ongkir. Tinggal teliti dan meluangkan waktu untuk memilih. 

Sejauh ini, aku sudah ketemu toko-toko yang menjual barang yang aku perlukan. Masih ada beberapa barang yang belum ketemu tapi masih semangat karena masih ada promo 12.12. Hahaha. Modis banget ya aku tu. Modal diskon. 

Jadi, tetap semangat yeorobun. Insya Allah, segala usaha yang kita lakukan hari ini kelak menjadi pemberat amalan baik kita. Semoga usaha ini dicatat sebagai usaha membela agama Allah. Aamiin. 

From the river to the sea. Palestine will be free

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...