Thursday, February 22, 2024

Ke Dokter Gigi



Assalamualaikum. 

Hari ini aku mau cerita soal aku yang wara-wiri ke dokter gigi. Gigiku tu emang jelek ya, sodara. Itu adalah fakta yang harus diterima. 

Biasanya aku tu ke dokter gigi di puskesmas. Sampe dokter giginya ganti, aku masih aja kesitu karena gigiku tiada henti berlubang. Efek pola makan yang ga karu-karuan mungkin lah, ya. 

Hingga akhirnya dokter puskesmas ga sanggup lagi dengan jeleknya gigiku, dikirimlah aku ke RSUD Tugu Koja. Ternyata aku emang ga jodoh sama RS itu. Dari awal anak-anak kubawa kesitu sampe akhirnya aku yang harus kesitu, tetep ajaib. 

Pelayanan administrasi, ya boleh lah. Tertib dan mudah. Tapi staf pokonya, beda lagi. Aku si pasien rujukan ini ga dimintanya buka mulut, ga diperiksa apapun, langsung dikirim ke RSUD Tanjung Priok. Bagus! 

Dengan bekal info dari teman yang juga hobi tour d'dentist, aku berangkat lah pagi-pagi buta ke RSUTGP. Pas banget lagi pandemi itu, ya. Ternyata dokter yang aku tuju prakteknya sore. Baiklah, aku pulang lagi setelah dibantu daftar oleh pak satpam yang baik hati. 

Sorenya aku datang, tiba-tiba wajib swab test. Kaburlah semua pasien sore itu mencari klinik untuk swab. Dan ternyata bocah yang swab bareng aku positif C19. Hadeh. Dia gagal ke dokter gigi sore itu. Aku bisa masuk dan cuma kena tindakan ronsen aja. Aku dijadwalkan cabut gigi dua bulan dari kunjungan itu. Saling banyaknya pasien, pak dokter punya buku daftar pasien yang kek buku neraca yang gede banget guys. 

Pulang ke rumah, aku positif C19. Hadeh. Sehat-sehat lah pak dokter ya. Kasihan juga kalo nakes tetap harus melayani pasien, trus tertular virus. 

Bulan Agustus, aku cabut gigi. Alhamdulillah. Seharian panas dingin lah pokonya sampe kepikir apa kena C19 lagi. Tapi urusan gigi selesai. 

Tapi boong. 

Pandemi selesai, gigiku berlubang lagi. Aku balik ke puskesmas lagi. Dokter giginya sudah ganti. Pak dokter ga bisa lihat lubang jadi hari itu aku putuskan scaling aja. Biayanya 30ribu per regio sesuai perda. Karena yang parah banget adalah gigi bawah, jadilah aku scaling gigi bawah 90ribu biar sekalian bersih. Setelah scaling, terlihatlah si lubang jahanam itu. Akhirnya kunjungan ke dokter gigi puskesmas resmi dimulai. Untuk perawatan gigi berlubang itu, minimal enam kali lah bolak-balik sampe akhirnya bisa ditambal permanen. Dengan catatan, ga ada kasus yang aneh--aneh. 

Di tengah-tengah proses perawatan, gigi geraham belakang yang masih tambalan sementara itu bermasalah. Tambalannya lepas. Darah kemana-mana. Gigi ini yang harusnya ditambal permanen di RSUTGP tapi kan layanan BPJS cuma bisa dipake untuk satu tindakan sehari. Dan waktu itu gigi kiri yang cenat-cenut. Jadi, yaa, begitulah. 

Alhamdulillah pak dokter baik hati, tambalan lepas itu dirawat juga. Jadi dalam seminggu aku dua kali ke puskesmas sampe kepotong lebaran segala itu jadwalnya. Luar biasa, bukan? 

Akhirnya, selesai juga perawatan gigi-gigiku, pak dokter bilang kalo ada masalah, datang lagi ya, bu. Duh, dok, aku sih ga masalah tapi males banget lah ke puskesmas tuu. 

Ternyata akupun balik lagi ke puskesmas setelah gigiku tiba-tiba cowak. Hilang separo. Asisten pak dokter bilang gigiku harus dicabut dan karena sulit, seperti melupakan Reyhan, aku kembali jadi pasien rujukan ke RS Pelabuhan. 

Orang tuaku sebenarnya adalah mantan karyawan RS Pelabuhan dan masih ada teman-teman beliau disitu. Jadi, aku agak menggunakan jasa ordal nih walau aku tetap ikutin alur daftar rakyat jelata pada umumnya. 

Biasanya kita tu daftar dulu. Apalagi pasien baru yang belum pernah berobat. Tips: samperin satpam dan tanya. Biasanya mereka sudah paham dan mau membantu. 

Dilalah antrian RSP dah kek orang antri sembako. Hari itu, aku ga dapet kuota karena kuota poli gigi sudah habis. Aku dikasih jadwal hari berikutnya. Dapatlah jadwal sore, aku diminta datang jam 1 siang. Aku baru ketemu pak dokter jam 5 sore. Itupun cuma ngobrol 12 menit dan aku dilemparnya ke RSUD Koja. 

Pak dokter bilang giginya ga perlu dicabut, dirawat aja. Dia bilang gitu tanpa lihat gigiku sama sekali. Persis kelakuan RSUD Tugu Koja. Dia cuma lihat hasil ronsen doang. Nasib rakyat jelata yakan. 

Akhirnya setelah lelah di PHP sesorean itu, aku pulang, dengan PR: harus ke RSUD Koja. Ini jujur bikin overthinking maksimal sih karena sudah jadi rahasia umum kalo RS itu ya gitu deh. Dan ternyata aku tu banyak kerjaan, sampai akhirnya aku punya waktu dan nyali untuk memberanikan diri pergi ke sana. 

Gimana ceritanya? Kita rehat sejenak. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...