Monday, March 4, 2024

Bersyukur Pilih Homeschool



Assalamualaikum. 

Anyeong chingu. 
  • Belom, aku belom ke dokter gigi lagi. Masih mager. Belum dapat wangsit juga. Kita lihat saja nanti. 

Aku cuma lagi bersyukur aja. Kenapa, tau ga? 
Aku bersyukur memilih homeschool untuk anak-anakku. 

Barusan liat twitter kan. Dan apdet informasi di twitter itu, masya Allah, luar biasa cepetnya. Jadi, dari info yang jelas, penting, manfaat sampe info gabut, kumpulan meme yang kurang penting  dan ga jelas, ada lah di sana. 

Salah satu yang penting yang seliweran dari kemarin itu adalah soal kurikulum yang akan berubah lagi dan pelajaran sejarah yang akan dihapus. Salah dua berarti, ya. Kalo salah tiga itu Solo. 

Ampun yaaa. Ampun beneran ampun deh. Kok bisa-bisanya petugas menteri itu gonta-ganti kurikulum seenaknya. Tapi, aku ga mau protes sih. Cuma emang soal ini juga yang jadi alasan kenapa aku pilih homeschool

I can't trust people. Sebisa-bisanya, sedapet-dapetnya, anak-anak belajar sama aku. Dari mereka umur 2 tahun, dari masa aku seneng banget naikin suara beberapa oktaf lebih tinggi sampe akhirnya bisa mengatur pitch control, halah, aku ajarin mereka sendiri. 

Karena aku ga ngejar ijasah. Entah bagaimana nanti mereka meneruskan hidup tapi yakin, rejeki orang itu sudah diatur oleh Yang Maha Memberi Rejeki. Bukan karena ijasah lantas orang punya rejeki. Mereka butuh yang lebih penting dari ijasah. Mereka butuh skills

Dan dalam perjalanan homeschool kami, selalu ada aja kejadian yang bikin aku, "syukurlah, gw pilih homeschool". Semua seperti mau bilang kalo pilihan ini sudah cocok, setidaknya untuk saat ini. 

Masalah pendidikan kita tu bukan cuma kurikulum kok. Ada faktor kualitas guru, ada soal pergaulan, bullying, dan PR lainnya. Buat emak parno dengan tingkat overthinking yang tinggi seperti eykeh ini, berat ya mengirim anak ke sekolah. Yang ada rambutku putih semua dalam satu malam. 

Dan aku mengalaminya. Anak-anak tu sempet banget aku kirim ke TK buat belajar. Begitu aku cek hapalan Al Fatihah nya ga maju-maju, aku putuskan mundur dan belajar di rumah saja bersama ibu. Rugi waktu dan tenaga. 

Di rumah, mereka punya banyak waktu buat hapalan, istirahat, belajar lewat yutup, nonton juga bisa kalo gawainya ada di rumah. FYI, anak-anak tidak selalu bisa lihat gawai. Kalo ibu pergi kerja, gawai dibawa jadi mereka harus bisa survive di rumah tanpa gawai. Bisa istirahat atau main atau mengasah kreatifitas dengan melakukan yang mereka bisa. 

Balik ke soal sejarah. Karena ibu suka sejarah, anak lakiku juga ikutan suka nonton film dokumenter. Kalo liat yutup, dia bisa mencari sendiri topik sejarah yang bisa ditonton. Buku sejarah juga dia mau baca. Drakor yang ada sejarahnya pun dia ikut nonton. Bayangkan kalo anakku yang suka sejarah itu ga bisa belajar sejarah lagi di sekolah karena dihapuskan. Pulang sekolah, dia bisa manyun seharian kurasa. 

Jadi, ya, itulah ya. Homeschool ini beneran mengurangi sakit kepalaku lah. Daripada aku harus menghabiskan energi dan waktu untuk hal-hal yang kurang tepat guna, lebih baik kan energi aku itu untuk mencari nafkah dan menjemput rejeki. Aku bisa beli buku buat anak-anak. Mereka juga punya waktu lebih banyak melakukan yang mereka suka. 

Akhirnya, alhamdulillah. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...