Monday, October 30, 2023

Obat Batuk



Assalamualaikum. 

Ketika suaraku hilang, aku minum apa? Minum obat warung? Iya, tapi ga manjur. Akhirnya aku cuma minum ramuan orang-orang jadul yang alhamdulillah tokcer banget. 

Biasanya aku bikin seduhan jahe, kayu manis, cengkeh, lada hitam plus madu. Tapi ini pun ga terlalu ngaruh. Perlu waktu lama buat aku keluar dari deraan batuk. 

FYI, aku tu kalo batuk, lama sembuhnya. Bisa bikin tetangga komen berkepanjangan. Orang kantor juga demen banget dah komen. Bikin kesel sebenarnya tapi anggap aja mereka tu peduli sama aku lah ya. 

Dan batuk aku itu yang membuat suaraku hilang itu ternyata batuk berdahak. Parah. Aku harus berjuang mengeluarkan dahak dan kalau gatal, dah lah. Lelah hayati bang. 

Jadi pas suaraku hilang itu aku minum tolak angin pake sendok. Minum sedikit-sedikit sambil agak kumuran gitu. Habis itu aku mulai batuk tapi suaraku masih minimalis. Itu hari Kamis. 

Hari Jumat, aku minum obat warung dan dibuatin air jahe sama temen kantor. Masih engap banget buat ngomong tapi suara mulai terdengar. Habis itu aku masih minum obat warung sampai hari senin aku minta dibawain jahe, setengah kilo; asam Jawa sekotak; gula aren sepuluh biji; sama tukang sayur langganan. Ga lupa pakein kunyit juga. 

Jadi, aku rebus tu jahe sejempol gendut, kunyit sepuas telunjuk, gula aren 1 bulet, asam Jawa 1/6 dari sebongkah plastik. Rebus pake air sepanci kecil, kira2 500-600 ml. Rebus asam Jawa sama gula aren duluan. Kalo mereka udah larut baru masukkan jahe dan kunyit geprek. Tambahin cengkeh kalo suka. Biarkan mereka adem dulu. Aku sih minum langsung dikit-dikit. Aku juga bawa sebotol ke kantor. Masukkan sama jahe dan kunyit nya biar rasanya makin keluar. Minum setiap merasa gatal dan diminum sampai asam Jawa habis, sekitar 5-7 hari. Jadi ketika ketemu lagi hari Kamis dan Jumat, suaraku udah balik banyak. Ga engap lagi. Dibanding pake seduhan kayu manis, ini cenderung cepet sih prosesnya. 

Aku juga minum air lemon peras ditambah madu. Tanpa campuran air. Ini diminum kalo mau tidur. Dan ini yang bikin gatal berkurang. 

Sekarang udah dua minggu, masih ada batuk sedikit. Ingus udah brenti. Udah berani minum es kopi lagi hahaha gada kapoknya manusia. Besok aku akan bikin air jahe gula asam ini karena baru beli asam lagi karena kemarin habis. Dan besok aku akan ngantor seharian jadi perlu dopping biar kuat. 

Jadi guys, ga selalu harus obat warung kok yang tokcer. Ramuan sederhana ini pun bisa membantu menghilangkan batuk. Ingat, yang menyembuhkan itu Allah. Obat warung, air jahe, apapun itu hanyalah bentuk usaha kita. Dan kalo dikasih sakit, itu adalah cara Allah mengampuni semua dosa kita. Jadi, tetap berpikir positif dan yakin kita akan sembuh. Sabar dan tawakal. Insya Allah sehat terus ya, guys. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...