Monday, November 6, 2023

Boikot? Kecil!

Salah satu alasan

Assalamualaikum. 

Lagi pada rame soal boikot. Agak telat ga sih, guys? Boikot-memboikot ini tu gerakan yang sudah lama dilakukan dan kalo kamu baru mulai sekarang, gwenchanaaa, fighting! 

Aku tu sudah boikot produk-produk yang menyokong zionisme sejak awal aku kerja. Dan dulu itu rasanya berat banget, cuy. Komen orang jaman dulu tu keknya tajam, setajam silet. Jadi kalo kamu sekarang mulai mencoba boikot, kamu harus sabar dan tegar. Biarin aja, mereka mau ngomong apa kek, bukan urusan kamu. 

Aku tu di bilang nyusahin diri sendiri. Ngapain boikot segala. Kurang kerjaan. 

Ya, masalahnya selain kurang kerjaan, dalam banyak hal kita memang harus berpihak, cuy. Dan keberpihakanku dalam soal konflik Israel-Palestina ini jelas, aku pro Palestina lah. Dibilang ga punya otak juga bodo amat. Tinggal ganti aja lingkaran pertemanan aku. Ring 1 bener-bener harus diisi oleh orang-orang satu frekwensi. Yang frekwensinya jammed dan sinyalnya putus sambung, minggir dulu. 

Dan ternyata kelakuan yang dibilang nyusahin diri sendiri itu ga bikin aku susah kok. Biasa aja. Jadi sejak hari itu, aku udah ga pernah lagi pake produk unixxxxx atau pabrik lain yang dukung mereka atau minuman bersoda itu. Atau makan di fast food resto milik mereka. Masih banyak barang penggantinya kok. Jadi buat aku sih, ga susah. 

Makanya aku bilang, kalo cuma disuruh boikot doang mah, kecil! Tinggal ganti produk atau merk aja kan? Ga usah harus angkat senjata atau pergi ke Palestina menyaksikan kekejaman orang-orang yang ga punya hati nurani itu. Boikot itu adalah hal kecil yang efeknya besar. Small things matter. Buat orang lain ga seberapa, ya biar aja. Yang penting kita sudah berbuat sesuatu. 

Jadi, yakinkan dirimu, bestie. Ga usah takut bakal gimana-gimana. Hidup itu mudah. Pikiran kita yang bikin sulit. Yang pasti, apapun pilihan kita hari ini, kelak akan kita pertanggungjawabkan. Dan kalo nanti kita ditanya, apa yang sudah kita lakukan untuk membela saudara dan agama kita? Kita sudah tau jawabannya. 

Semoga istiqomah.
From the river to the sea, Palestine will be free

Belajar lagi soal gerakan boikot di

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...