Thursday, June 12, 2014

Menanti Roti Keju Terenak Se-Antep



Assalamualaikum.

Ah, judulnya bukan main. Tapi saya ga main-main, roti keju ini adalah roti keju terenak se-Antep karena di Antep ga ada roti keju. #eeaaa.

Roti keju ini saya buat berdasarkan resep dari buku Sangjin Ko. Tidak terlalu sulit dan tidak perlu oven untuk memanggangnya. İtulah alasannya saya bilang roti keju ini terenak se-Antep, hehe. Selain itu saya ga perlu terlalu capek nguleni roti. Tapi, proses proofingnya, allahım, panjang kali!

Dengan penuh kesabaran, akhirnya jadi juga sore itu saya ngeteh bersama sajian roti keju terenak se-Antep. Alhamdulillah.

Roti Keju Sangjin Ko
(dari Membuat Sendiri Aneka Roti, Cookies dan Kue lezat 100% Tanpa Oven oleh Sangjin Ko)
Bahan:
60 ml susu
50 ml air
15 g gula (saya pakai gula bubuk)
2 g garam
3 g ragi instan
130 g terigu protein tinggi (saya pakai ekmeklik un)
20 g terigu protein rendah (saya pakai kepekli un)
15 g mentega, cairkan
200 g keju (+/-), potong kotak kecil



Cara membuat:
1. Tuang susu dan air pada mangkok.
2. Masukkan gula dan garam, aduk hingga larut.
3. Tambahkan ragi, aduk dan biarkan selama 5 menit.
4. Masukkan terigu, semuanya, uleni adonan sebentar. Tambahkan mentega cair. Uleni lagi hingga kalis.
5. Tempatkan adonan pada wadah dan tutup dengan serbet. Simpan di tempat hangat selama 2-3 jam (saya coba 2 jam).
6. Keluarkan adonan yang sudah mengembang dan bagi menjadi 5 bagian. Simpan lagi selama 15 menit.
7. Pipihkan adonan dan taburi keju. Gulung, potong 3. Tutup dasarnya dan biarkan bagian yang kejunya tampak di bagian atas. Susun di wajan seperti kelopak bunga.
8. Istirahatkan adonan selama 40-45 menit.
9. Panggang dengan api kecil selama 15 menit. Cek dasar adonan, jika sudah kecoklatan, balikkan adonan. Panggang lagi selama 3 menit. (Proses pemanggangan ini sangat tergantung pada keadaan api kompor dan wajan yang kita pakai. Jadi perhatikan baik-baik saat pemanggangan).
10. Angkat dan sajikan hangat.

Catatan:
Dalam percobaan kedua, saya tidak pakai susu, hanya menambah jumlah air sesuai resep. Saya mencoba membuat roti ini dua kali resep karena terbayang roti sobek. Bentuk sesuai selera dan tata di happy call, setelah proofing terakhir selama 40 menit (tak sampai) adonan sudah mengembang memenuhi happy call. Panggang sebentar dan balikkan happy call supaya sisi yang satu juga ikut terpanggang. Lebih praktis. Cocok untuk pemula.





posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...