Wednesday, December 23, 2015

Roti Ubi Jalar


Assalamualaikum.

Di Antep sedang banyak ubi. Saya kira warnanya ungu menor, taunya warna biasa, hehe. Walau warnanya ga semenor ubi ungu, si ubi ini tetep saya olah menjadi roti, dengan resep dari Just Try and Taste. Menurut JTT, roti ini bisa dikukus, digoreng atau dipanggang. Saya pilih panggang biar ringkes.

Sebenarnya, saya sempet agak iseng membentuk si roti seperti donat dan menggorengnya. Tapi karena kadar gula yang cukup banyak, si donat ubi menjadi tak cantik lagi walau rasanya tetep juara. Anak-anak aja nagih. Mungkin nanti kita iseng modif resepnya biar bisa jadi donat kali ya, soalnya hasil jadinya lembut pake banget. Sedap sedap sedap!

Roti Ubi Jalar

(adaptasi dari Just Try and Taste)
Bahan:
200 g ubi jalar, kupas, cuci, kukus
225 tepung terigu protein tinggi
10 g ragi instan
100 g gula pasir
1 butir telor
40 ml minyak sayur
Secubit garam
30 ml air hangat (tambahkan jika adonan terasa keras)




Cara membuat:
1. Campurkan bahan kering: terigu, ragi, gula. Aduk rata. Sisihkan.
2. Haluskan ubi jalar bersama telor.
3. Tuang ubi jalar yang telah halus ke dalam bahan kering, aduk rata.
4. Beri garam dan minyak sayur. Uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
5. Simpan di tempat hangat selama 1 jam atau setelah adonan mengembang dua kali lipat.
6. Bagi adonan menjadi beberapa adonan.
7. Istirahatkan adonan selama 1 jam.
8. Panggang di oven selama 15-20 menit dengan suhu 200 der C.


posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...