Monday, April 15, 2024

Anak Tantrum

Pinjem dr twitter. 
Foto ini bikin melo banget... 

Assalamualaikum. 

Lagi rame video anak disiksa baby sitternya. Trus ada juga emak-emak yang nanya pantes ga sih kalo emak-emak kesel karena anaknya tantrum, jadi emosi mau mukul atau nyubit gitu. 

Well, kalo aku sih ga pernah ngalamin anak tantrum. Alhamdulillah. Yang tantrum itu ibunya. 😆😂 Dan aku ga pernah pake kekerasan. Ngomel, sering. Main fisik, no way. Bahkan sampe sekarang. Kecuali kalo lagi usel-uselan, cubit-cubitan, lain lagi dah tu. 

Tapi, seriously guys, aku kena baby blues. Anakku sekaligus dua, ya, hallooow. Bukan aku mau bilang kalian yang beranak satu itu ga ada apa-apanya. Bukan! Semua ibu yang baru melahirkan, mau anak satu atau sepuluh, tetep aja rudet kalo kena baby blues. 

Pernah ya, aku tu kan baru lahiran. Trus ada ni adik neneknya si kembar, datang menengok. Aku udh malas ketemu tamu yang datang nengok bayi. Dan waktu itu aku lagi menyusui anak laki. Aku udah ngumpet di kamar loh. Eh dia masuk. Dan dia komen sama cara aku menyusui. Beginilah begitulah. Aku tersinggung berat loh. Hey, nenek-nenek, bisa diem ga? 

Dan aku nangis, sodara. Nangisnya tu bukan yang lima menit kelar. Ada kali setengah jam sampe muka aku sembap dan bengkak. Sampe harus ke toilet, cuci muka, balik, dan nangie lagi. Rasanya, mereka semua jahat sama aku. Duile, segitu sensinya busui, yee. 

Dulu itu, bapaknya cuma bilang, "Kamu jangan nangis melulu. Pokonya jangan sedih, ya. Nanti ASInya ga keluar." 

Ya, sebatas itu dia ngarti dah. Tapi dia juga ga bisa berbuat banyak karena harus keluar rumah untuk bekerja. Di rumah, aku cuma sama ibunya dan walau aku terintimidasi, beliau cuma ada untuk membantu. Beliau jarang komen dan selalu siap siaga mengurus si kembar. 

Seingatku, ga lama setelah itulah, aku mulai ngeblog. Lumayan ngebantu, sih. Nenek si kembar juga mulai ancang-ancang memisahkan diri dan pindah apartemen biar aku leluasa mengurus si kembar. 

Tapi, usia 0-6 itu emang penuh tantangan ya bu-ibu. Anak lakiku pernah nangis tiada henti di pesawat ke İstanbul. Dan aku ketemu sama ibu-ibu senior yang membantu menenangkan si anak laki. Alhamdulillah banget pokonya. 

Pernah juga dia nangis pas otw Jakarta karena ternyata kejepit seatbelt pesawat selama di pangkuanku. Coba yaaa.. Meneketehe banget deh. Akupun baru ngeh pas sampe Jakarta dan lagi mandiin si bayi, ada bekas garis merah-merah di punggungnya. Parah, bu! 

Pernah juga mereka nangis barengan jadi kalo di pesawat, keduanya harus duduk sama aku dan nyusu, satu kanan, satu kiri. Moms, kalian yang beranak satu gakan ngerti deh. 🤭

Pernah anak perempuanku kepleset di kamar mandi karena aku kurang gercep pas mandi. Alhasil, jidat nya biru dan benjol, guys. Untung aku ga dicap KDRT. 

Dan si kembar, kalo sakit satu, sakit semua. Bindeng satu, bindeng semua. Anak perempuan lebih cengeng kalo sakit. Anak laki cenderung cuek kalo sakit. Ada-ada aja. 

Yang pasti, sebelum terdeteksi tantrum, pastikan si anak dalam kondisi nyaman. Rumah harus selalu bersih (karena sidak si nenek juga sih) dan anak bisa main dengan nyaman. Jujurly, aku ga punya banyak perabot saat si kembar berusia balita. Perabot sesimpel mungkin. Lantai berkarpet dan kasur di lantai udah paling harus. Jadi ga ada acara jatuh dari tempat tidur. 

Makanan dan minuman pun kudu diakalin. Aku ga kasih mereka jajan dan makanan pabrikan. Musim panas, aku bikin es mambo dari sari buah atau buah di-pure. Musim dingin, aku manggang kukis dan kue. Dari awal mereka tau kalo ibu ga kasih ijin mereka makan cokelat, apalagi yang ga ada info nutrisi nya. Sampe keripik kentang pun aku bikin sendiri, tau ga. Iya, seniat itu aku tu. 

Di rumah, aku ga punya tivi. Ada laptop tapi biasanya aku pasang video yang paling kids-friendly: upin-ipin. 🤭 Ibunya kangen kampung halaman sih ini. Biasanya juga yang diputer itu lagu alif, ba, ta atau Thomas and friends, Pororo, Tobot dan semacamnya. Tapi kalo aku harus beberes dan masak di dapur, aku selalu bilang mereka: main di kamar ya, berdua. Ibu mau masak. Jadi, kegiatan pertamanya harus main, bukan dikasih gadget seorang satu trus duduk diem anteng sampe sore. 

Hasilnya baru bisa dipetik sekarang di umur 13. Mereka lebih gampang di suruh makan buah atau diet mie instan. Sesekali boleh makan makanan pabrikan tapi ya itu, sesekali. Selebihnya ibu masak. Kalo ga masak, makan buah sampe eneg. 🤭 Mereka juga ga demen tivi. Anak lelaki cuma pengen nonton bola. Anak perempuan, sampe sekarang masih sempet juga liat cocomelon. 😂 

Proses berkembang biak dan menjadi ibu itu emang bukan untuk semua orang ya, moms. Tapi, aku rasa sih semua perempuan dibekali kemampuan menjadi ibu yang baik. Masalahnya, mau atau ga? 

Dan kalo kita sudah memilih jalan ninja hatori ini, kita harus selalu siap menyetel pikiran dan perasaan. Harus mau selalu belajar dan belajar lagi. Sampe akhirnya, oh iya, kek gitu. 

Semoga Allah swt memberikan kesabaran dan balasan surga buat ibu-ibu di seluruh dunia. Tetap sehat lahir batin ya, bu. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...