Thursday, April 16, 2015

Keripik Kentang



Assalamualaikum.

Musim dingin hanya membuat orang makin semangat ngemil. Hehe. Salah satu cemilan yang akhirnya dibela-belain untuk dibuat adalah keripik kentang, hasil belajar dari mpok Emine. Percobaan pertama masih berat menunggu lama. Seadanya. Tapi penasaran, seperti apa kalau pakai menunggu lama? Ya, proses mendapatkan keripik kentang renyah ini memang cukup panjang. Mau gimana lagi? Kalau mau yang enak-enak dan sehat ya mesti usaha dikit plus sabar. Hehe. Ya udah, yuk dicoba, yuk.

Keripik Kentang
Bahan:
2-3* buah kentang, kupas dan cuci serta iris tipis
Air secukupnya
Garam

*2 buah kentang ukuran sedang yang sudah diiris akan cukup dijemur di loyang yang tersedia di dalam oven. Jika ingin membuat lebih banyak, siapkan wadah untuk menjemur yang cukup besar.

Cara membuat:
1. Rendam kentang yang sudah diiris dalam air garam selama kurang lebih 1 jam. Buang airnya, bilas kentang hingga airnya jernih.
2. Beri air lagi, garami, dan rebus sampai mendidih pelahan dan kentang tampak transparan.
3. Angkat dan tiriskan.
4. Jemur di wadah yang sudah dialasi serbet atau kertas minyak


5. Tunggu hingga kentang benar-benar kering dan mengeras.



6. Kentang siap digoreng di minyak panas dan tidak terlalu lama. Jika tidak langsung digoreng, kentang bisa disimpan di tempat yang sejuk. Ini dia favorit saya, bisa nyetok, hehe.
7. Jika tak sabar menunggu kentang kering, hilangkan airnya sebentar dan bisa digoreng. Hasilnya renyah tapi tidak serenyah kalau dijemur kering dan keras. Hasilnya seperti foto berikut.


posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...