Monday, November 28, 2016

Budae Jjigae



Assalamualaikum.

Udah lama pengen bikin shabu-shabu. Tapi ga yakin bumbu kuahnya dan belakangan kecap asin langganan menghilang dari pasar. Akhirnya banting setir, bikin budae jjigae aja deh.

Budae jjigae ini adalah stew segala masuk alias segala bahan yang ada di dapur bisa dipake. Pas emang dapet sayuran yang cocok, langsung deh eksekusi. Bumbunya ga mirip banget sih tapi hasilnya bisa cocok sama lidah orang rumah. Anak-anak pun suka. Jadi, alhamdulillah banget nih si budae jjigae jadi-jadian a la Antep bisa jadi santapan makan malam sekeluarga.

Budae Jjigae

(adaptasi dari My Korean Kitchen)
Bahan:
500 g kerang
3 buah sosis, iris
Segenggam toge
2 ikat pokcoy, potong serasi
5 buah jamur, iris
5 batang daun bawang, iris serong
1 bungkus mie instan (tanpa bumbu)

Bumbu:
1 sdm cabe bubuk*
1/2 sdm gochujang
1 sdm air lemon
1/2 sdm gula pasir
1 sdt lada hitam
2 siung bawang putih geprek
*bisa ditambah jika suka pedas

Kuah:
1 liter air
2 potong ayam
4 batang daun bawang, iris
1 wortel, iris
1 sdm garam
1 sdt jahe bubuk
5 siung bawang putih geprek
1 bawang bombay ukuran kecil, potong dua

Cara membuat:
1. Tata sayuran dan bumbu (yang sudah diaduk rata) di panci yang ceper dan lebar.


2. Rebus semua bahan untuk kuah hingga mendidih. Jika sudah mendidih, koreksi rasanya. Saring, ambil ayamnya, sajikan di wadah.


3. Tuang air kuah ke dalam panci berisi sayuran. Didihkan lagi. Jika air terasa kurang, tambahkan. Koreksi lagi rasanya.


4. Masukkan mie instan ketika kuah sudah mendidih.


5. Angkat dan sajikan.

Masissge deuseyo ^_^
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...