Friday, November 25, 2016

NGAJI di WARTEG: Virus Hati



Assalamualaikum.

Virus hati adalah segala sesuatu yang bisa membuat hati sakit. Hati adalah segumpal daging dalam tubuh yang jika ia baik maka baiklah kondisi tubuh kita; jika ia buruk maka buruklah kondisi tubuh kita. Untuk menjaga supaya hati selalu baik dan sehat, kita perlu memperhatikan virus-virus yang bisa menyerang hati kita. 

Virus-virus hati:
1. Terlalu banyak bicara.
Bicaralah seperlunya. Bicaralah yang baik. Kata Rasul, berkatalah yang baik atau diam. Selain itu, jagalah selalu pendengaran dan penglihatan karena jika kita mendengar dan melihat yang baik-baik, maka yang keluar dari mulut kita adalah yang baik-baik pula.

2. Terlalu banyak makan.
Banyak makan selain tidak baik untuk kesehatan juga berpengaruh pada hati kita. Hati menjadi keras dan susah memahami penderitaan orang lain. Ingatlah bahwa kita makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan. 

3. Terlalu banyak bergaul.
Pilihlah teman yang baik agamanya supaya kita selamat dunia akhirat. Cari teman yang bagaikan makanan bergizi dan membuat kita sehat berteman dengannya. Jauhi teman yang jika kita temani membuat kita sakit dan mati. Menurut Ibnu Athaillah, jika harus bersahabat, janganlah bersahabat dengan orang yang keadaan rohaninya tidak membangkitkan semangat dan kata-katanya tidak memimpinmu kepada Allah swt. 

4. Terlalu banyak memandang.
Penglihatan adalah panah beracun setan. Oleh karenanya kita perlu untuk menjaga pandangan (ghadul bashar).

Untuk melawan virus-virus tadi, selain menghindarinya, kita perlu mengenal anti-virusnya, diantaranya:

1. Banyak beristighfar.
"Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan." (HR Abu Daud)

2. Banyak berdoa.
Mintalah selalu kepada Allah swt agar Allah swt mudahkan semua urusan kita.Dan jika kita sudah mulai terkena virus, ingatlah doa-doa para nabi seperti doa nabi Adam as (QS Al A'raf: 23) atau doa nabi Yunus as (QS Al Anbiya: 87).

3. Banyak berkumpul dengan orang soleh.
Serigala tidak akan menyerang domba-domba yang berada dalam kelompok. Serigala biasanya menyerang domba-domba yang sendirian dan tersesat. Maka ada baiknya kita berkumpul dengan orang-orang soleh supaya tak mudah diserang serigala maupun virus-virus hati lainnya.

Semoga bermanfaat.
Dikutip dari tausiyah ustad Subhan Bawazier di The Rabbaanians.

Kajian The Rabbaanians biasa diadakan di Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, setiap Rabu selepas Isya dan bisa disimak secara langsung melalui youtube pada pukul 19.40 WIB.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...