Friday, February 24, 2017

NGAJI di WARTEG: QS Ar Rahman ayat 60




Assalamualaikum.

NGAJI di WARTEG kali ini akan membahas ayat ke-60 dari surat Ar Rahman:

هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).

Dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa tidak ada ganjaran bagi perbuatan yang baik kecuali kebaikan pula. Dalam ayat lain yang sama maksudnya Allah berfirman: 


لِلَّذِيْنَ أَحْسَنُوا الحسنى وزيادة ولا يرهق وجُوههم قتر ولا ذلة أولئك أصحاب الجنة هم فيها خالدون 


Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS. Yunus: 26)

Dan hubungan ayat 60 ini Anas bin Malik meriwayatkan: 


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَرَأَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إلَّا الْإحْسَانُ وَقَالَ: هَلْ تَدْرُوْنَ مَاقَالَ رَبُّكُمْ؟ قَالُوا: اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: مَاجَزَاءُ مَنْ أَنْعَمْتُ عَلَيْهِ بِالتَّوْحِيْدِ إِلَّا الْجَنَّةُ (أَخْرَجَهُ اِبْنُ أَبِيْ حَاتِم وَابْنُ مَرْدَوَيْه وَ الْبَيْهَقِي) 
 
Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah membaca ayat (yang artinya): "Tidak ada balasan kebaikan itu selain kebaikan", kemudian beliau bertanya, "Apakah yang kalian ketahui firman Tuhan dalam hal ini?" Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui". Nabi menjawab: "Allah berkata tidak ada balasan kebaikan bagi mereka yang Kuberi nikmat mengesakan (Aku) kecuali surga". (HR. Ibnu Abi Hatim, Ibnu Mardawaih, dan al-Baihaqi)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...