Monday, May 6, 2024

Masih Homeschool?


Ni videonya, anak aye masak. Anak situ bisa masak ga? 

Assalamualaikum. 

Masih homeschool? Ga mau coba sekolah? 

Serius, pertanyaan model gitu tu bikin aku bete deh. Buat anak kok coba-coba? 🤭 Walau yang nanya temen sendiri, tetep aja bete. 

Nih, ye, emang ngape kalo kita homeschool?

Satu, itu anak, anak kite. Kita emaknya. Yang tau baik buruknya ntu anak pan kita yak. Yang parno, yang nyesel, yang keluar duit, yang rusuh, yang angot-angotan kalo anaknya kenape-nape, kita juga. Lah, kalo kita mutusin homeschool, ya suka-suka kita dah. 

Dua, lagian ni, ya, kita tu homeschool bukan asal homeschool. Udah dari umur mereka dua taon, kita homeschoolin. Bukan maen-maen, bukan coba-coba ini homeschool nya. Udah dipertimbangkan banget. 

Tiga, lagian, ngapa jadi orang-orang yang ribet, yak? Emang kenape kalo homeschool? Takut ga punya masa depan gitu? Sini, aye kasih tau dah. Rejeki ntu udah diatur sama Alloh. Tiap manusia lahir ke dunia bawa rejeki masing-masing. Emang terus Alloh pilih kasih gitu? Kalo anak homeschool rejekinya seret. Mending jadi anak sekolahan, masa depan cerah. Kate sape? Noh, banyak sarjana nganggur, kerjaan sape noh? Cape-cape sekolah, ape hasilnya coba? Asal lu tau, Atta Halilintar juga ga ikut sekolah formal. Liat dah tu dimana dia sekarang. 

Empat, ukuran sukses ntu kalo kata ustad, bukan banyak duit, mpok. Ukuran sukses ntu kalo kita masuk surga. Dan dunia itu tempat berlelah-lelah. Tempat ibadah. Ngumpulin bekel buat akherat. Bukan ngumpulin duit ampe ga bisa bedain mana halal mana haram. 

Lima, kalo kita masih takut anak ga bisa idup karena ga sekolah, yakin lu, masih muslim? Yakin masih percaya Alloh? Sampe level ini aja, urusannya udah tauhid ni, cuy. Bukan soal aye lebih beriman, bukaaan! Ini soal keyakinan aja. Yakin ga kalo Alloh itu Maha Segalanya? Yakin ga Alloh menjaga masa depan anak-anak kita? Hari gini, yang bentar lagi kali dajjal nongol depan muke kite, yang bentar lagi kali perang pecah dimane-mane, yang bentar lagi Imam Mahdi turun, dah ga pas masih ngurusin sekolah dengan segala keribetannya itu. Yang penting ntu anak bisa idup aja. Mau dia jadi marbot, mau jadi imam, mau jadi apapun asal dia bertakwa kepada Alloh, insya Alloh, udah dijamin rejekinya. Wamayyataqillah yaj'al lahu makhraja. 

Jadi, jangan nanya-nanya lagi dah. 

Mending kita adu aja gimane? Anak kita bisa ape, anak situ bisa ape. Gitu. Hapalannya sampe mane. Puasanya sampe mane. Gitu. 

Kalo ga setuju, ya emang kudu ga setuju. Ngapain ngadu-ngadu anak, lu kira ayam jago? Kita ga akan dihisab atas sesuatu yang kita ga tau tentangnya. Ente gakan dihisab ama Alloh perihal anak aye yang homeschool. Aye pun demikian. Bomat dah lu mau ngapain kek ama anak lu. Yang pasti anak aye mah alhamdulillah bae-bae aje. Have fun go mad. Work hard, play harder. Gitu. 

Dah ye. Awas lo nanya-nanya lagi. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...