Tuesday, May 15, 2012

Donat Jadi Simit!

Ceritanya, saya lagi kangen banget sama pasar malam yang berlokasi tidak jauh dari rumah saya. Di pasar malam itu kita bisa jajan makanan sedep-sedep (baca: gorengan). Trus jadi kepikiran mau bikin gorengan yang namanya Gandasturi (kacang ijo goreng). Tapi, belum sempet karena bahannya belum ada.

Sementara pengen bikin donat aja dulu (harakiri) karena ga cuma kangen sama jajanan pasar malam, saya juga kangen cemilan yang biasa dibuat ibu saya. Donat, salah satunya.


Waktu itu, adik saya udah pernah kirim resep donat ibunda tercinta via FB dan ga pernah saya cobain. Sampe hari ini nekat bener deh mencoba resep keramat ibunda. Dan benar saja, saya kurang beruntung!

Donat hasil resep emakku sayang berubah jadi simit. Hehe. Simit itu makanan khas Turki. Ada yang besar. Ada yang kecil. Bumer suka bikin yang kecil-kecil kayak kue kering (emang kue kering sih). Biasanya beliau bikin kalo mau deket-deket hari raya.

Simit buatan bumer

Kenapa donatku berubah jadi simit? Karena aku sok tau!
Biasa deh, kalo lagi pengen nguprek di dapur tapi bahan ga lengkap, saya suka-suka aja modifikasi resep orang. Dalam kasus donat simit, air hangat diganti susu hangat, mentega cair diganti minyak sayur, ukuran satu resep jadi setengah resep. Hebat kan sok taunya :p

Hasilnya, begitu satu donat dicemplungin ke minyak panas, mau digoreng, si donat pelan-pelan menghancurkan diri. Olala. Akhirnya, daripada buang-buang minyak dan buang-buang adonan, saya pun langsung menyalakan oven dan memanggang si donat itu. Semuanya!

Alhamdulillah, si donat bin simit pun berhasil diselamatkan dan kayaknya sih bisa buat bekal juragan besok hari. Hehe. Ada-ada saja yah kang warteg gaziantep.

Donat bin simit setelah dihias dengan saus coklat dan kelapa bubuk
Pelajaran yang saya ambil dari peristiwa ini adalah saya jadi tau cara bikin simit. Hahaha. Kacrut!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...