Sunday, November 3, 2013

Menikahi Pria Turki: Persiapan Pernikahan dan Dokumen

Berikut ini adalah pengalaman saya semasa bersiap menikahi si Baba jaman dulu, hehe. Saya tuliskan lagi disini supaya bisa berguna untuk pembaca sekalian yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.



Dari Royalty Free Stock Photos

Mengingat waktu yang kami punya waktu itu hanya satu bulan sebelum kami berangkat ke Turki setelah menikah, maka acara pernikahan kami pun dibuat sesederhana mungkin tanpa mengurangi rasa hormat pada pihak keluarga. Sebelumnya, kita harus sudah memastikan siapa yang akan menjadi penyandang dana acara pernikahan. Apakah pihak keluarga laki-laki? Atau keluarga perempuan? Atau kedua calon pengantin atau gotong-royong semua ikut menyumbang.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah dokumen. Dokumen adalah modal dasar terjadinya pernikahan. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menyiapkan pernak-pernik pernikahan sebelum semua dokumen siap. Adalah sangat menyakitkan jika faktanya baju pengantin sudah siap tapi dokumen tak siap dan pernikahan pun gagal. #makjleb.

Sebelum Menikah

Dokumen yang diperlukan untuk calon pengantin pria (warga negara Turki):
1. Salinan kartu identitas (Kimlik)
2. Surat keterangan dari Kedutaan Turki*
3. Surat keterangan belum pernah menikah (jika bujangan)
4. Salinan akte kelahiran
5. Salinan kartu keluarga (Nüfüs Kağıt)
6. Visa (waktu itu calon suami pakai visa sosial, belum ada VOA)
7. Surat lapor diri dari kepolisian
8. Pasfoto 3x4 dan 4x6 (3 lembar)

*Surat/dokumen dari kedutaan terdiri atas surat rekomendasi boleh menikah, surat keterangan bujangan, dan surat jaminan dari kedutaan. Untuk mendapatkannya, calon pengantin pria harus membawa kimlik (kartu identitas), paspor dan kartu keluarga (nüfüs kağıt).

Untuk surat lapor diri dari kepolisian, kita perlu menyiapkan:
1. Salinan paspor
2. Salinan kartu identitas
3. Salinan surat dari Kedutaan Turki
4. Pasfoto 2x3 dan 3x4 (2 lembar)

Jangan lupa untuk menyiapkan terjemahan dari surat-surat yang berbahasa Turki. Pihak kedutaan biasanya akan memberikan nama penerjemah yang bisa membantu kita. Waktu itu saya hanya berhubungan via email dan transfer bank dan dokumen yang sudah diterjemahkan pun siap.

Jika kita berurusan dengan kedutaan Turki, sebaiknya biarkan calon suami yang maju karena dia berurusan dengan birokrasi negaranya sendiri dan insya Alloh lebih lancar. Kita cukup duduk manis di ruang tunggu.

Sesudah Menikah
Jika pernikahan sudah terlaksana dan buku nikah sudah terbit, kembali ke kedutaan Turki dengan membawa buku nikah asli dan salinannya, salinan kartu keluarga pengantin perempuan, dan salinan akta lahir. Pihak kedutaan akan memberikan sebuah amplop besar berisi dokumen pribadi yang harus dikirim ke kota tempat tinggal pengantin pria. Waktu itu kami mengirimnya dengan menggunakan jasa PT Pos Indonesia. Alhamdulillah sampai dengan selamat. Untuk kepastian dokumen yang dibutuhkan oleh pihak kedutaan, silakan hubungi kedutaan Turki JL Rasuna Said kav. 1 Kuningan Jakarta. Telepon 021 525 6250/021 526 4143

Nah, jika dokumen sudah siap, silakan kembali pusing dengan persiapan pernikahan. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin penting untuk dipertimbangkan:
1. Undangan
Apakah ingin mencetak sendiri? Atau menggunakan jasa percetakan?
Saya waktu itu memutuskan untuk mencetak sendiri tapi karena saya sibuk dengan pekerjaan, saya membatalkan ide itu dan tak akan membuat undangan. Tapi, adik saya ngotot bahwa undangan harus dibuat. Akhirnya, ia mendapatkan kartu undangan yang sangat sederhana dan siap dalam waktu 2-3 hari saja.

2. Jumlah Tamu
Berapa banyak tamu yang akan diundang? Apakah keluarga saja? Teman masa kecil sampai masa kerja? Semua orang yang kita kenal? Jumlah tamu tentunya akan mempengaruhi jumlah undangan yang harus dicetak dan banyaknya makanan yang harus dipesan.

3. Jasa Katering atau Masak Sendiri?
Untuk ringkasnya, ibu saya memutuskan untuk memesan makanan dari jasa katering. Jika dana memungkinkan, ada baiknya menggunakan jasa katering yang sudah dikenal kualitasnya. Jika dana terbatas, memasak sendiri pun bisa jadi pilihan.

4. Baju Pengantin
Beli atau sewa? Jujur saja, saya bukan orang yang ribet dengan baju pengantin. Baju pengantin kami bisa dibeli di Tanah Abang. Dan dalam sehari, kami bisa membeli baju untuk semua anggota keluarga. Seragam yang biasanya menjadi tradisi pun tidak saya lakukan. Paman dan bibi serta adik-adik saya berinisiatif menyeragamkan diri sendiri sehingga saya tidak perlu mengeluarkan dana khusus untuk seragam. Lebih baik dananya dipakai untuk jasa katering.

5. Di Rumah atau di Gedung?
Jika acara nikah diadakan di rumah, kita perlu menyediakan tenda dan kursi ekstra untuk tamu. Jika acara dilakukan di gedung, biaya yang kita butuhkan lebih besar dan gedung harus dipesan jauh-jauh hari. Saya sempat dag dig dug karena waktu dan biaya sehingga saya memutuskan untuk melangsungkan acara pernikahan di rumah.

6. Dokumentasi
Saat ini ada banyak jasa fotografi dan video dengan harga terjangkau. Terus terang, saya termasuk yang tidak mementingkan dokumentasi. Tapi adik saya kenal seorang temannya yang punya jasa fotografi dengan harga terjangkau dan saya pun akhirnya setuju. Kami hanya dapat satu album foto dan dua CD (foto dan video). Terbukti saat kami pindah ke Turki, CD ini dapat kami putar di depan keluarga dan kerabat sehingga mereka dapat melihat acara pernikahan kami sekaligus menerangkannya karena acara nikah di Turki itu sangat jauh berbeda dari acara nikah di Indonesia.

7. Suvenir Pernikahan
Inginnya menghapus tradisi memberi suvenir pernikahan karena bisa menghemat biaya. Tapi, lagi-lagi, ada banyak sekali suvenir murah meriah beredar di pasar jadi jika kita jeli memilih kita dapat memberikan suvenir pernikahan yang cukup lumayan kepada tetamu.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga Alloh memudahkan semua urusan kita. Aamiin.

Sumber Tambahan:
Informasi KKC-menikah di Indonesia
dourbest2day
LBH APIK

122 comments:

  1. nimbrung dong,, hehehe.. nambahin dikit, berdasarkan pengalaman juga hihihi...
    sebelum memutuskan menikah, istikharah dulu yaaa.... (udah pada tau kali hehehe)

    1. pastikan bahwa sang calon suami datang ke indonesia (kalau memang mau menikah di indonesia). setidaknya, ada salinan tiket. ada cerita menyedihkan dr seorang teman yg mau nikah dgn laki-laki eropa, semua sudah siap. menjelang hari h, si calon ternyata tidak datang. sedih pastinya.
    2. tanyakan juga ke KUA tempat mendaftar nikah, apa saja persyaratan yg diminta. KUA saya tidak minta terjemahan akta lahir dan kartu keluarga dr calon suami, krn sudah ada surat dari kedutaan turki. akta lahir dan KK dlm bhs Inggris sudah cukup, hanya untuk dokumen tambahan.
    3. aku kok ga pake lapor diri ke kepolisian ya? ga ada yang nyuruh sih hehehe. dan tidak tahu juga.
    4. aturan di KUA, pendftaran menikah minimal 10 hr sblm hari H. waktu itu kami hanya punya waktu 2 minggu utk mengurus semuanya, termasuk ngurus resign dari kerja. dokumen di kedutaan bisa jadi setengah - satu jam-an. hari berikutnya langsung ke kelurahan dan KUA. karena waktu mepet, kami berencana hari besoknya menikah. karena kurang dr 10 hr, kami harus minta rekomendasi dr pak camat. bawa serta calon suami saat mengurus dokumen ke kelurahan, KUA dan kecamatan. Hal ini utk menguatkan bahwa calon suami memang ada dan sudah siap menikah.
    5. eh, ada syarat juga, harus periksa kesehatan di puskemas sebelum menikah. saya melakukannya satu hari setelah menikah hehehe. tanya ke KUA setempat, boleh tdk seperti itu.
    6. waktu ngurus dokumen utk nikah, pihak kedutaan langsung memberikan daftar dokumen yang harus dibawa saat melaporkan pernikahan (setelah pernikahan lapor ke kedutaan). dan saat lapor, pihak kedutaan akan memberi tahu kemana dokumen harus dikirimkan. dan dokumen harus dikirim dari indonesia, tdk boleh dibawa sendiri. dokumen di kirimkan ke kantor catatan sipil di mana suami tercatat (biasanya kota lahir atau daerah asal ayahnya).
    7. barakallahulaka wa baraka 'alayka wa jama'a baynakuma fi khair....

    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Mba,
      Saya Safira yang sedang amat sangat gugup mengurus persiapan pernikahan kami.
      Memang sih kami akan pergi ke Kedutaan Turki di Jakarta bulan Februari ini,
      Tapi saya rasa alangkah baiknya jika saya punya info tambahan sebelum saya dan si calon suami saya ini terbang kesana.
      Jadi begini, dalam postingan si Mba nya saya membaca bahwa akan ada dokumen pribadi yang dikirim dari Kedutaan Turki di Jakarta ke alamat di mana si Suami tinggal di Turki.
      Nah, jadi memang calon saya ini Orang Turki, tapi selama ini dia Domisili di Belgium.
      Menurut mba,
      Apakah ada masalah kah dengan dokumen kami nantinya di karenakan calon saya bukan domisili di Turki?
      Galau berat saya mba...
      Meriang mikirin hari makin dekat tapi persiapan belum beres :'(

      Delete
    2. wa alaykumusalam warahmatullah. jadi alur dokumen utk menikah dg wn turki itu: ke kedutaan - dpt surat2 yg diperlukan - nikah - ke kedutaan lg utk lapor - dpt dokumen yg akan dikirim ke kota asal suami di turki. dokumen ini biasanya dikirim oleh kedutaan. tp dlm kasus kami, dokumen kami kirim sendiri pk pos ke kota asal suami.

      suami sy tinggal di antep, surat dr kedutaan dikirim ke kota asal bapaknya di bolu. ga masalah. krn sistem administrasi turki alhamdulillah udh rapi jd bs diakses via internet. semua data tersedia lengkap.

      klo domisilinya di belgia, mungkin nti dikirim ke kota asal calon mba di turki. hrsnya ga masalah sih.

      saran sy, nti pas ke kedutaan, tanyain aja semua uneg2 yg bikin meriang. klo ga bisa masuk k dlm titip sm masnya biar dia yg tanya.

      gitu kira2 mba. semoga ga meriang lagi dan smg alloh mudahkan :)

      Delete
    3. Aslmkm Mba.. saya datang lagi.
      Dan saya sudah menikah dengan suami saya bulan Maret lalu. Hehehe
      InsyaAllah kalo gak ada halangan bulan September saya terbang ke Turki. Ke Izmir. Kampung suami.
      Saya kan belum pernah ke Turki, adakah cara akses bahwa kita dan suami sudah sah menikaj dan terdata di Turki?
      Bukan nya gak percaya sih mba ee, tapi hanya mau liat dan pingin tau saja mba. Ditunggu jawabannya ya mba.. görüşmek üzere Abla~ 😚

      Delete
    4. wa alaykumusalam waramatullah.. alhamdulillah..barakallahu laka wa baraka 'alaik, wa jama'a bainakuma fi khair. aamiin. selamat menempuh hidup baru semoga alloh mudahkan ;)

      klo udh nikah, kmrn lapor lagi ga ke kedutaan? dr kedutaan nti dikasih amplop berisi dokumen yg hrs dikirim k daerah asal ayah dr suami (turki). tp itu ga bs dibuka sih.

      nti setelah di izmir, bisa minta/urus kartu keluarga atau sejenisnya yg mencantumkan data pernikahan.

      selama msh di indonesia, pk buku nikah kua aja lah yaa. jgn kuatir. insya alloh udh tcatat klo semua dijalani sesuai prosedur resmi. klo disirikin org di jalan, gandeng aja mas nya smbl pamerin cincin kawin.. hehehe

      Delete
    5. Amin amin makasi mba~
      Kemarin abis nikah, memang harus nya kita (lebih tepatnya Suami) diminta balik ke Kedutaan untuk menyerahkan dokument2 pernikahan kesana. Tapi kita sempat email emailan sama Mrs. Heves Abay yang di kedutaan, katanya kalo memang berhalangan datang boleh dokument nya dikirim via post. Ya hemat hemat ongkos daripada ke Jakarta cuma untuk ngasih dokumen jadi kami lebih milih ngirim aja mba. Awalnya kirain bisa ngurus di Medan, tapi gabisa.. kata Mrs. Heves Abay dokument nya sudah diterima dan pernikahan kami sudah terdaftar di turki.
      Tugas nya kemudian cuma beli e-Visa dan ngurus buat izin tinggal sementara di Turki.
      Sebenernya proses nya gak ribet sih mba klo cuma untuk menikah. Based on our experience. Hehehe
      Çok teşekkür ederim abla atas info nya selama ini. Makasi buat blog nya yg udah buka mata saya hehee

      Delete
    6. rica ederim. :)
      alhamdulillah. udh lega berarti yaaa. insya alloh gada masalah. ijin tinggal nti bs diurus di izmir. byk org indonesia di izmir. so no worries. ;)

      Delete
  2. alhamdulillah.
    terima kasih mba'e, telah melengkapi informasi ini. memang kdg perlakuan petugas suka beda2. tp dijalani aja. jgn lupa bismillah. semoga alloh memudahkan segala urusan. aamiin :)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal ya Mba, :
    Saya baca bagian lapor di kepolisian, "Jangan lupa untuk menyiapkan terjemahan dari surat-surat yang berbahasa Turki. Pihak kedutaan biasanya akan memberikan nama penerjemah yang bisa membantu kita."
    Nah waktu itu dokumen apa yang Mba perlu terjemahkan di kedubes Turki?
    Kemudian berapa lama proses penerjemahannya?
    Karena saya dan calon suami berencana hanya 12 hari saja mengurus ke kedubes dll sebelum kembali ke Turki. Resepsi di sini sudah di-handle oleh keluarga saya.

    ReplyDelete
  4. Oh ya, saya juga membaca dari sebuah blog tentang menikah di Indonesia dengan WN Turki bahwa semua sudah di translate dalam bahasa indonesia oleh pihak kedutaan turki jakarta, dan yang bersangkutan hanya perlu membayar dan tidak membutuhkan penerjemah tersumpah, semua sudah di urus pihak kedutaan turki jakarta.
    Itu bagaimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba peach.. semoga segala urusannya dimudahkan alloh. aamiin.

      waktu sy dl (2010) kami ke kedutaan dan diberikan nama penerjemah yg bs membantu. mmg tdk tersumpah. dokumen yg diterjemahkan itu kalau tdk salah: akte, kartu keluarga dan surat keterangan blm menikah. tp tnyata tdk semua diperlukan.

      proses penerjemahan relatif cepat. kami sendiri hanya berhubungan via email dan tranfer bank.

      sebaiknya hubungi kedutaan dulu supaya lebih jelas. ^^ kolay gelsin ya mba

      Delete
  5. Salam kenal Mbak...

    Aku Dhianie, aku berencana nikah dengan WN Turki pertengahan bulan Juni ini dan berencana tinggal disana,,,untuk masalah Visa kita bagaimana ya mbak? lama dan susah nggak prosesnya?

    thanks bgt mbak info nya....

    ReplyDelete
  6. helo dhianie, utk visa, dl sy pake visa turis 30 hr utk masuk turki. klo sekarang, kamu bisa pake VOA yg bs dibeli di bandara Ataturk. harganya 24-25 USD. VOA berlaku 30 hari. sebelum dia habis kita bisa lsg urus ikamet (residence permit) yg berlaku selama setahun dan bs diperpanjang tiap tahun. prosesnya tdk tlalu sulit.

    semoga lancar semua urusannya yaa :)

    ReplyDelete
  7. maaf mbak,
    sy mau tanya sdikit, calon abg ipar sy org turky, dia sudah pisah rumah dgn istrinya tp blm ada surat cerai...katanya surat cerai mereka 5thn br bisa dikeluarkan setelah diajukan.
    dia berencana menikah dgn kk sy dimedan
    gmn kalau dia blm ada surat cerai ya mbak?
    kalau menikah secara agama sj dulu di indonesia ada masalah nantinya atau nggak dgn pemerintahan kita ya? mksd sy kalau hanya menikah digereja dulu ( krn blm bisa catatn sipil krn surat cerainya blm ada ), surat2 apa yg perlu kalau hanya menikah secara agama saja dulu?
    setelah menikah mereka berencana menetap di indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon bantuan jawaban nya ya mbak krn kami sama sekali kurang mengerti,

      Delete
    2. halo mba rohani,

      pertama, sy mohon maaf kalau jawabannya kurang berkenan. sy sdh bertanya pd teman saya.

      sebaiknya surat cerainya diurus dulu spy nikahnya bs di kantor catatan sipil dan kakak punya hak dlm perkawinannya.

      kalau nikah dlm keadaan tanpa surat cerai, di turki tdk diakui alias yg diakui adl pernikahan yg pertama (krn belum resmi cerai). nantinya kakak jg tdk bs mengajukan residence permit sbg istri sah.

      utk di indonesia, kakak tdk bs jadi sponsor utk suami kalau akan buat kitas atau kitap (kartu ijin tinggal utk org asing di indonesia).

      jika pria turki cerai biasanya harta jatuh ke istri atau anaknya. istri kedua nyaris tdk dpt apa2. dan kalau kedua pihak setuju dlm waktu 15 hari, bs terbit surat cerainya. mungkin bs ditanya knp sampe 5 th? sy tdk mau curiga tp sebaiknya kt berhati2.

      kalau surat2 bs ditanyakan ke gereja. jika ada info baru sy akan coba tuliskan lagi.

      semoga bermanfaat

      Delete
    3. terimaksh byk utk informasinya mbak,
      tp sy mohon infonya sdikit lg,
      kebetulan si " brother" ini bekerja di irak, dan istri nya stay di turky,
      sy jg bingung sebenarny mngapa bisa bgtu lama surat cerainya keluar...
      kalau menikah secara agama saja dulu dipemerintahan kita apakah ada masalah nantinya mbak? ( maksudnya dilarang menikah kalau tidak catatan sipil atau sabagainya )

      Delete
    4. mungkin istrinya menolak bercerai, atau lokasi yg jauh yg menyulitkan birokrasi. tapi memang cerai di turki itu sulit.

      dilarang menikahnya mungkin tidak. tapi menikah agama saja belum cukup untuk kakak bisa jadi sponsor utk suami kalo mau tinggal di indonesia (dengan cara membuat ijin tinggal sementara/tetap). kalau tidak ada kitas/kitap, apa mau tinggal sebagai turis aja? turis cuma bisa tinggal selama 30 hari.

      posisinya akan merugikan kakak sebagai istri. sebaiknya dipertimbangkan kembali :)

      saya sedang menunggu jawaban lain, nanti saya tuliskan yaa ;)

      Delete
    5. jawaban dari teman yang lain:

      bisa saja nikah secara agama di indonesia dan ga perlu surat apapun. tapi bs ditanyakan lagi ke pihak gereja.

      tapi nanti masalahnya adalah suami akan sulit tgl di indonesia dg alasan pernikahan krn tdk ada surat. bs juga dengan working permit tp ngurusnya cukup sulit.

      kalau dua pihak setuju, cerai berlangsung antara 1-2 bulan. kalau tdk setuju bs 5-9 tahun. kecuali dg alasan istri tdk bs hamil atau perselingkuhan (dg bukti).

      saran dari teman saya, urus dulu cerainya sebelum menikah. kalau kakak bisa, coba tanya nomer kimlik dari calon suami dan cek statusnya di kedutaan turki di jakarta. nanti bisa ketahuan bagaimana status dan siapa nama istrinya.

      yg pasti, hanya kakak yang bisa memutuskan apakah akan menjalani proses yang bisa jadi manis di depan tapi pahit di belakang atau mau berpikir secara rasional dulu sebelum mengecap kebahagiaan sejati.

      kira2 begitu ya mba rohani. semoga semua urusannya mudah dan lancar. :) aamiin

      Delete
  8. Aloo mbk masih tinggaldi gaziatep kah?insya allah bulan depan saya menikah dengan pria dr gaziatep........apakah pria dr gaziatep dekat sekali dengan ibunya,rencananya sementara tinggal di indonesia karna agak canggung klau seatap dengan mertua.jadi saya carikan beliau kerjaan di indonesia ,oh yach mbk syarat untuk ijin tinggal di indonesia apa aja yach krn beliau datang menggunakan visa voa kira...kira apa kwtnya cukup buat urus nikah dan ijin tinggal.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga. :)

      iya sy msh di antep. selamat buat rencana nikahnya. semoga lancar.

      rata2 pria antep mmg dekat sm ibunya tp kadarnya bisa berbeda. ada yg deket sampe nurut apa kt ibu apapun itu. ada yg deket tp juga tegas pada ibunya.

      utk ijin tgl bs liat di http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/izin-tinggal-terbatas-itas#persyaratan

      semua gelin yg dtg di antep rata2 tgl sm mertua :) tp klo suami pengertian kt bs minta utk sewa apt sendiri. buat sy lbh baik tgl di antep krn birokrasi indonesia msh njelimet dan pungli melulu.

      mudah2an semuanya lancae yaaa ;) saya tunggu di antep insya alloh

      Delete
    2. setahu saya voa hanya bisa diperpanjang 1x dan tidak bisa diubah/dialihkan statusnya menjadi ijin tinggal atau visa. jadi kalo masuk ke Indonesia dengan voa dan mau mengurus ijin tinggal, harus ke luar negeri Indonesia dulu dan mengajukan visa kunjungan. Visa kunjungan itu nantinya baru bisa digunakan untuk mengajukan ijin tinggal di Indonesia.

      Jika istri menjadi sponsor, maka suami tidak boleh bekerja. Jika suami bekerja, maka pihak kantor lah yang menjadi sponsor.

      http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/alih-status-izin-tinggal

      Delete
    3. terima kasih jawabannya mba heti (y)

      Delete
    4. Makasih yach mbk.calon & camer pengen kenalan ma mbk dan kirim ke emailnya mbk di warteggaziantep nanama barish soner hadeh saya hr translet dulu

      Delete
    5. huaaa... pantesan perasaan saya ga enak hehehe. insya alloh nanti sy sempatkan kenalan dengan beliau ya mba lala..

      ditunggu kedatangannya di antep ;)

      Delete
    6. aloo mbk saya sdh sukses menikah dlm wkt hanya 3hr resmi di KUA.skr saya msh di indo dan suami balik ke Gaziatep.

      Delete
  9. Salam Kendal Mba..mau tanya..klo mau nikah di Turkey APa cukup bawa passport aja. dg visa satu bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin menikah di Turki, ada beberapa dokumen yg hrs disiapkan:

      1. surat keterangan bujangan, bs minta dr kjri istanbul atau kbri ankara.

      2. evlenme beyannamesi, ini bs diurus juga di kota setempat. mungkin kyk surat keterangan ingin menikah.

      3. tanda pengenal (paspor, ktp, akte lahir) bawa aja semua siapa tau perlu.

      4. terjemahan paspor yg dilegalisir notaris (cek belediye setempat)

      5. dokumen akomodasi

      6. visa

      7. surat keterangan sehat, bisa didapat dr puskesmas lokal

      8. foto

      kira2 spt itu, mba.
      saat ini banyak pengungsi suriah masuk ke turki jadi mungkin aturan pelaksanaan nikah utk org asing di turki jd makin rumit.

      semoga bermanfaat ^^

      Delete
    2. teman saya yg nikah di Turki juga butuh surat2 N1 dan lain-lain dari KUA kecamatan asalnya.
      Coba tanyakan ke KUA setempat. Kalau tidak salah, harus ada semacam surat pengantar atau surat keterangan numpang nikah yang harus dibawa di KBRI Ankara. Waktu itu (bulan september 2013), semua surat masih harus diurus di KBRI, KJRI belum melayani.

      Delete
    3. (y)

      alhamdulillah, makin lengkap informasinya. terima kasih mba ;) semoga bermanfaat.

      Delete
    4. selam,,,mba saya zara dan saya rencana menikah di turkey akhir tahun ini,apa perlu n1 n2 n3 n4 dari indonesia harus di legalisasi terlebih dahulu?trus di instalasi mana ya?mohon jawaban nya mba,,,thanks bngt sbelum nya wassalam

      Delete
    5. sepertinya tidak perlu dilegalisasi mba zara. tgl disiapkan dan dibawa ke KBRI ankara. nti dr KBRI ada surat lanjutannya.

      coba lihat http://srizehraddc.blogspot.com.tr/2014/03/tahapan-menikah-di-turki-bagi-wni-yang.html?m=1

      semoga cukup jelas ya :)
      kolay gelsin

      Delete
    6. Tesekkur ederim,,,jangan bosan jawab pertanyaan saya berikut nya ya.God bless

      Delete
  10. Makasih ya mba utk infonya. Sy mau tny kl kita ingin nikah di turki br di indonesia ,sptnya sy hrs tgl lbh dr 30hr kl sy pakai voa trs diperpanjang pakai ikamet mungkin 3bln tanpa nikah bs ga ya mba? Thanx ya mba sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, kalo bisa nikah dalam waktu 30 hr knp hrs pake ikamet? toh balik lagi ke indonesia. pengurusan ikamet saat ini bisa sangat rumit dan bervariasi aturannya di setiap kota.

      kalau mau tgl lbh dr 30 hr lbh baik jangan pk voa. coba visa sosbud atau lainnya. bisa ditanyakan ke kedutaan turki di jakarta.

      Delete
  11. Makasih mba atas jwbannya .. aq mgu lalu br aja pulng dr sn & masuk via voa dan ingin tgl lbh lma tp mahal bgt ya skitar 1500$ .. nah aq mo tnya lg kl kita menikah dann menetap dsna
    ktnya mhl bgt ya kita hrs byr sekitar 400$/blnnya ?? Pcr aq tnya sm tmnnya yg menikah dgn wrga negara kazakstan..mohon bantuannya mba utk dijelaskan apakah bnr semahal itu :( sblmnya trima kasih bnyk

    ReplyDelete
  12. mba elos fro,
    jika kita sudah menikah dengan wn turki dan hendak tgl di turki kt bisa mengajukan permohonan residence permit (ikamet) yang harga dan persyaratannya bervariasi di setiap kota. mba elos bisa menghubungi kantor polisi tempat tgl pasangan mba elos.

    kalau saya dulu dikasih satu tahun dg harga 300TL dan hrs diperpanjang tiap tahun. setelah 5 th biasanya kita ditawarkan utk menjadi wn turki.


    begitu mba, mudah2an menjawab ya :)

    ReplyDelete
  13. google comment aneh >.<

    eniweh, ini jawaban dr pertanyaan yg terhapus google:

    kalau anda sudah menikah dg pria turki di indonesia dan bmaksud dtg ke turki, anda bs apply visa on arrival (dl sy pk visa turis) yg berlaku 30 hr. dalam masa itu, kita bs apply ijin tinggal sementara (residence permit/ikamet). jadi tdk perlu bolak balik keluar masuk turki.

    ikamet punya masa berlaku bervariasi. umumnya satu tahun dan bs diperpanjang. syaratnya bervariasi di setiap kota di turki tp yg pasti kelengkapan dokumen spt paspor, pasfoto, bukti asuransi kesehatan, bukti penghasilan suami dst. tidak ada syarat harus menguasai bahasa asing tertentu utk mendapatkan ikamet.

    demikian. smg bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nimbrung ... eh sukanya nimbrung..

      saya tadi udah nulis komen, tp karena lupa sign in, jd hilang deh komennya.
      sebenarnya, voa masih diperbolehkan oleh pemerintah turki, termasuk untuk wni. tapi sejak diberlakukannya e-visa, wni yg mau ke turki dengan voa sekarang dipersulit atau tepatnya tidak diperbolehkan oleh pihak maskapai saat check in. jadi masalahnya ada di meja check in, bahkan yang berangkatnya tidak dari indonesia. saya pernah baca beberapa pengalaman blogger. jadi, untuk amannya, lebih baik urus e-visa saja. cepat dan mudah. bayarnya bisa melalui atm. tinggal print sendiri. beres.

      Delete
    2. o gituuu.
      sip dah. terima kasih infonya mba. mudah2an membantu teman2 yang sedang bingung soal visa turki.

      Delete
  14. Hai mba,,salam kenal,,mba ada kenalan ga yang bisa bahasa turki di jakarta ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg. maaf, sy ga punya kenalan spt itu di jkt. coba aja k depok, dsana ada sekolah turki. mungkin mrk bs bantu.

      Delete
  15. hi mba, nisilsin?

    saya mau tanya.
    calon saya lahir di sabiha, Gaziantep tapi sejak 11 tahun terakhir domisili di London Uk dan sekarang sedang mengurus status kewarganegaraan Inggris.

    kami berencana mengurus pernikahan dengan status dia sebagai WN Inggris (walaupun dia akan punya dual citizenship British dan Turkey).
    Yang sekarang agak jadi masalah adalah, dia tidak memiliki akta lahir.
    berdasar penuturan calon saya, dia dulu dilahirkan di rumah (bukan di RS).
    setelah kelahirannya, sepertinya anne dan baba calon saya tidak mengurus dokumen akta lahir tersebut.

    jadi sekarang yang bikin saya deg-degan adalah kketiadaan akta lahir calon saya.
    mungkin mba dan suami bisa membantu menegnai apakah bisa mengurus akta disaat ybs sudah dewasa? untuk kartu keluarga dan ID turki, calon saya dan keluarga punya.

    tesekkur ederim ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mnrt sy, menikah pakai kewarganegaraan Turki lebih mudah.

      soal akta lahir, insya alloh si calon bs minta salinannya krn di Turki akta lahir memang tdk scr fisik diterbitkan spt di Indonesia.

      kolay gelsin ^_^

      Delete
    2. aaaa, terimakasih mba.
      aku bentar2 refresh page ini biar ga ketinggalan reply dari mba. haha.

      oh okay, bisa ya?
      soalnya memang sepertinya pas calon baru lahir ga ada pendaftaran ataupun pelaporan apa2 ke otoritas yang bersangkutan. aku sendiri juga bingung gimana bisa diterbitkan kalo mbrojolnya aja udah puluhan tahun yang lalu. hehehe.

      aku baru cek ke konsulat inggris di jakarta. ternyata sekarang lebih mudah syaratnya. cuma butuh 4 syarat aja.
      dan itupun yg 2 adalah akta cerai kalo pernah cerai dan keterangan ganti nama kalo pernah ganti nama.

      nikah dengan WN inggris yg dilakukan di Indonesia cuma butuh;
      1. a copy of your affirmation or affidavit
      2. your passport and your partner’s passport or KTP (Indonesian identity card)
      3. a decree absolute or final order or death certificate (if you’ve been divorced or widowed)
      4. evidence if you’ve changed your name by deed poll

      karena poin 3 dan 4 ga perlu jadi cuma butuh poin 1 dan 2 terus ke konsulat aja. bayar 55 pounds atau 1,1 jt dan tunggu surat terbit dr kedutaan.

      info tambahan dari KUA saya, asala ada surat dari kedutaan dan surat data diri (Passport, ID card, etc) udah bisa daftar di KUA :))

      maaf panjang mba, sekalian sharing :)

      Delete
    3. sip (Y)
      terima kasih infonya.
      semoga lancar semua urusannya yaa :)

      Delete
    4. Tesekkur ederim mba :)
      Aku baru ngeh salah ketik, dia lahir di sahinbey.. sabiha itu airportnya antep kan ya. Hahaha.

      Delete
    5. klo maksudnya sabiha gokçen, itu bandara di istanbul. klo antep setau sy namanya DHMİ Gaziantep aja sih, ga pake nama khusus :)

      Delete
    6. hahaha. kebalik-balik kan. mau nulis salah kalo sabiha itu salah satu airport di turkey malah nulis airportnya antep. hehehe.

      baba sama anne lagi mudik ke antep nih mba, aku mupeng dikirimin foto2nya.

      Delete
    7. :D :D :D
      tenang aja.. aslinya ga seindah fotonya kok hehehe tp klo mba ayesha kesini nti kabarin yaaa. insya alloh kt bs ketemuan :)

      Delete
    8. Mba ayesha.. boleh minta emailnya kah??ada hal yg ingin saya tanyakan sm mba.. kalo mba berkenan..

      Delete
  16. Halo mba..
    Mau tnya ya..
    Calonku wn turki dan dia bilang tidak bisa menikah di indonesia dlm wktu dekat dikarenakan kondisi anne nya yg sdg sakit dan tidak bs ditinggal..
    Sedangkan mamaku sangat keras dan hanya mau jika calonku datang dluan ke indo untuk menikahi aku..
    Sedangkan untuk ak sbnrnya ga mslh klo ak yg hrs dluan kesana utk menikah dgn dia baru stlhnya ak dan calon akan ke indonesia utk mengurus lain2nya..
    Yg ak tnyakan, sbnrnya yg benar menikah di turki atau di indo mba? Mohon pencerahannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantu jawab ya mba..
      kalo pertanyaannya yang benar menikah di Turki atau Indo sih jawabnya, dimana aja bener mba.
      asal rukun nikahnya terpenuhi (jika menikah dengan cara islam), tempat ga jadi masalah. mungkin dalam perijinan yang berbeda.

      kalo mba pribadi ga masalah untuk melangsungkan di Turki, lebih baik cari info syarat apa yg dibutuhkan dari pihak mba untuk menikah disana, karena pada posisi ini mba yang merupakan WN Asing.

      semoga dilancarkan sampe Hari H ya mba

      Delete
    2. halo pratiwi ;)
      jwbn sy insya alloh sm spt jwbn di atas. dmn aja bisa dan boleh dan benar, menikah asal semua aturan dan ketentuannya dipenuhi.

      kalau mama bersikeras maunya di jkt, ada baiknya nurut kata mama. atau ksh waktu dl buat mas calon berpikir. insya alloh, kalau jodoh, pasti mudah jalannya.

      skrg mungkin kamu hrs sabar dulu menghadapi semuanya. smg cpt ada jalan keluar terbaik. :)

      Delete
  17. Mba Ayesha & Mba Admin (maafin ak gatau namanya mba huhuhu):
    Teşekkürler ya mba2 uda mau bantu kasih pencerahan :)
    Seneng disini ramah2 orgnya, jd merasa ga sendirian sbg (calon) gelin hehehe.. :)
    Ohh begitu ya, oke deh, uda mulai ada pencerahan nih jadinya..
    Tapi mba, klo misal ak menikah di turki, apakah ak harus bawa wali dari indonesia?
    FYI, ayahku sudah meninggal, sekarang cuma ada mama dan kakak2 perempuanku (semua saudara kandungku perempuan.
    Mohon pencerahannya lagi ya mba2..
    Teşekkür ederim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rica Ederim, Mba.

      sebagai pihak mempelai wanita, wali laki-laki itu syarat wajib mba. Para ulama dalam mazhab As-Syafi’i telah menyusun dan menetapkan daftar urutan wali, yang tidak boleh dilangkahi. coba mba Pratiwi cari info ttg mazhab tersebut.
      infonya banyak kok di google, atau lebih baik lagi kalo mba bisa ke KUA setempat hanya untuk sekedar bertanya dan berkonsultasi.
      karena petugas KUA tentu akan memberikan info yang valid mengenai hal ini.

      Delete
    2. sbnrnya klo di turki, sependek yg sy tau, ada nikah yg di dpn pejabat negara, cukup dgn dua saksi, siapa saja, pernikahan bs dilakukan. tapi ini wallahu alam gmn hukumnya mnrt islam.

      ada yg nikah di dpn imam, sesuai aturan islam.

      sebaiknya memang yg sesuai aturan islam (syariat).

      bisa juga jln keluarnya: nikah dl di indonesia di dpn keluarga & wali, scr sederhana. nti nikah lagi di turki, klo emg mau dirame2in.

      klo sy dl nikah di jkt aja. niatnya rame2in lg disini. taunya kburu males. mendingan jalan-jalan hehehe. yg pasti, semua hrs dikomunikasikan bsm calon dan keluarga, dengan kepala dingin.

      smg bermanfaat. ^_^

      Delete
  18. halo lagi mba,
    mba, ada alamat email atau nomer telepon yang bisa saya hubungi ga ya? ada yang mau saya tanyain lagi nih :)

    ReplyDelete
  19. Merhaba mba2..
    Maafin yaa ak baru bs bales..
    Tamam, teşekkürler ya mba atas smua masukan n sarannya..
    Nnti ak coba rundingkan sm kluarga lagi..

    ReplyDelete
  20. Assalamualikum mba..
    Mohon bantuannya calon suami OT dgn stts duda anak 1..nah seblm prnikahan trlksna sya mencoba untuk minta surat cerai, namun katanya pengadilan tidak memberikan surat tersebut, padahal sudah bercerai 10 thn??...
    Apakah ada pengaruh jika hal tersebut dibwa ke kedubes turki??
    Apa hanya perlu surat keterangan bujangan saja??
    Mohin pencerahannya mba..syukran

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaykumusalam wr wb

      kalau tdk ada surat cerai berarti calon mba belum bercerai. hanya pisah saja.

      tanpa surat keterangan cerai/duda/bujangan, kedutaan turki tdk bs menerbitkan surat pengantar utk calon mba menikahi mba.

      begitu kira2 mba :)

      Delete
    2. Oowh..bgtu yaa mba...
      Syukran ats penjelasannya mba..

      Delete
    3. Oowh..bgtu yaa mba...
      Syukran ats penjelasannya mba..

      Delete
    4. Mba..surat apa sja yg perlu sya urus, mengingat sya berdomisili di luar jakarta??
      Mungkin mulai dari RT di daerah sya atau sperti apa mba??

      Delete
    5. coba tanyakan ke KUA terdekat.

      pastikan dulu calon punya surat cerai (klo sudah bercerai), atau surat keterangan bujangan (klo blm pernah menikah).

      tanpa itu, walau surat dr pihak perempuan lengkap, pernikahan tdk bs dicatat scr resmi.

      Delete
    6. Iyaa mba..syukran ats sarannya..

      Delete
  21. Halo mbak. Saya rencana menikah dengan WN Turki. Saya mau tanya, dulu alasannya apa mbak memilih menikah resmi di indo? Apa perbandingan/keuntungannya antara menikah di sini atau di turki? Semoga dijawab ya mbak, saya ingin sekali tau alasannya. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  22. Tidak ada alasan khusus, hanya masalah memudahkan orang-orang tua untuk hadir di acara pernikahan saya dan calon suami waktu itu tidak keberatan karena sudah lumrah, pihak laki-laki yang datang ke pihak perempuan untuk menikah.

    Menikah di Indonesia atau Turki, sama saja, sama2 diakui kalau dilakukan sesuai prosedur. Tinggal disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing.

    Begitu kira-kira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak. Aku susah banget cari info online persyaratan menikahi pria turki di turki. Apakah mbak tau tentang hal ini? Aku berencana menikah akhir tahun ini. Mohon sekali jawabannya. Terima kasih sebelumnya.

      Delete
    2. persyaratan apa nih?
      coba pake kata kunci "menikah di turki" di google search, insya alloh ada bbrp blog yg menyediakan info tsb.
      klo psyaratan dr negara turki, yg hrs disiapkan adl visa untuk masuk turki. kira2 spt itu. lebih jelasnya mungkin bs menghubungi kedutaan turki di jkt. semoga membantu. ^_^

      Delete
  23. Hai mbak.. boleh ikut sharing kan yahh..
    Saya punya problem yg sama dengan mbak Mila Samad, calon suami saya masih berstatus suami dan belum resmi bercerai karna istri tidak mau diceraikan tapi mereka sudah berpisah kurang lebih 2 th.
    Secara, agama saya kan islam, nah islam di indonesia kan bisa melakukan pernikahan secara agama saja (siri), bagaimana pendapat mbak kl saya dan calon suami menikah siri untuk sementara sambil menunggu proses perceraian di lakukan oleh pihak calon suami dan mantan istrinya, baru setelah itu kami menikah lagi di KUA. Apa akan berdampak buruk untuk hubungan kami untuk kedepannya atau tidak masalah?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja menikah secara agama tapi sy tdk menganjurkan. perlu diingat bahwa ketika kita nikah siri, kita tdk punya dokumen yg diakui negara. tidak punya buku nikah. yang paling dirugikan adalah pihak perempuan karena tdk bisa mendapatkan hak-haknya sbg istri.

      sebaiknya, lengkapi dulu surat2/dokumen yang diperlukan. pertimbangkan segala kemungkinan. apalagi ini menikah dengan orang asing. jangan sampai menyesal di belakang.

      demikian mba :)

      Delete
  24. Gitu ya mbak.. makasih banget sarannya akan jd pertimbangan yg sangat berguna.
    Mengingat kendala cuma ada di surat resmi bercerai calon suami, yang tidak jelas kapan akan beres.

    Sekali lagi terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama.
      semoga cepet selesai urusannya ya mba :)

      Delete
  25. Salam mbak, Sy join ya:) jika akan menikah di Turki , apakah susah utk me booking gedung nikah , berapa lama mesti pesan terlebih dahulu&mempersiapkan semua yg berhubungan dengan pesta? Dan jika sedang winter, apakah masyarakat Turki ada yg mengadakan pernikahan? Btw Jika di Jakarta akan menikah, kita mesti booking gedung, dll 6bulan sebelum hari H) thank a Lot ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena sy dl ga ngadain pesta nikah di turki, saya ga paham brp lama waktu yg diperlukan utk booking gedung dsb. mungkin sama dengan di jkt. waktu di jkt pun sy nikah di rumah utk mempersingkat waktu.

      untuk nikah di waktu winter, dl pernah ada teman keluarga yg menikah di bulan november. klo di antep itu sdh tmsk winter tp belum turun salju.

      demikian mba.
      smg bermanfaat.

      Delete
  26. Mba Kirey ada kontak WA atau yg lainnya ga? Sy jg mau menikah di turki nih jd mgkn bs sharing2 gt

    ReplyDelete
  27. Halo mbak, saya tidak berencana menikah dengan WNA Turki,melainkan Jerman. Nah untuk melengkapi surat2 yang perlu di legalisir saya harus memberikan sertifikat muallaf. Nah kebetulan dokumen tersebut berbahasa Turki karna di bantu imam masjid terdekat (orang Turki). Boleh saya minta informasi penterjemah tersumpah untuk bhs Turki? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga. Mungkin bisa coba menghubungi kedutaan Turki di Jakarta.

      Delete
  28. Assalamualikum mbak..
    Saya mw tanya mbak...
    Apakah jk si calon pria hanya membawa pasport bs mengurus dokumen utk pernıkahan di kedutaan turki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaykumusalam warahmatullah.. sbaiknya bw semua dokumen yg diperlukan drpd nti repot bolak balik. coba hub kedutaan turki di jkt utk jelasnya.

      Delete
    2. Oh gıtu ya mbak..
      Soalna kami berencana menikah januarı. Maka na klu dia plg lg ke turki.. habısın ongkos dia lg.

      Delete
    3. klo gt, hub kedutaan dl, pastiin dokumen yg diperlukan. klo misal ada yg msh diperlukan, bisa kirim via email kan? attachment gt? toh smp indonesia yg diperlukan pasti terjemahannya, bukan asli turkinya (seingat sy bgitu)

      Delete
    4. Hi Cantika, aku bantu jawab ya.
      Terakhir calonku telepon dan email pihak embassy, mereka bilang cukup membawa ID Turki nya, semacam KTP kalo untuk Indonesia. Cuma bawa tu saja.
      Coba calonnya telpon ke kedutaan turki, nanti tanya sm pihak aana langsung. Biasanya disarankan untuk kirim email ke embassy turki dan emailnya pake bahasa turki.

      Dan nanti seandainya sudah dpt surat dari kedutaan, di KUA/kantor catatan sipil harus menyertakan surat ijin tinggal (visa/kitas/kitap) dr calonnya mba.

      Delete
    5. terima kasih infonya mba ayesha, ^^ berarti skrg udh jauh lbh mudah yaa

      Delete
    6. Sama2 mba, iya Alhamdulillah sudah lebih mudah.
      Cuma bawa kimlik aja. Kira2 proses suratnya jadi dr kedutaan brp lama ya mba? Sehari jadi dan bisa ditunggu ataukah bbrp hari?

      Delete
    7. duh udh lupa deh sy :)
      sempet bbrp kli ke sana sih.
      pernah ke sana pagi2, trs saking lamanya nunggu, ngemol dl di setiabudi one ^^ mudah2an cpt beres ya mba

      Delete
    8. Iya mba makasih ya. Kebetulan kan domisili di luar jakarta, jd biar bisa perkiraan brp lamanya disana. Sekali dateng selesai atau nunggu. Mungkin nanti aku coba telpon kesana deh, kl dpt info aku share disini lagi :)

      Delete
    9. sip sip (y) semoga alloh mudahkan semua urusan mba2 sekalian. aamiin

      Delete
  29. Terimakasih mbak ayesha atas infonya. Semoga urusan mbak juga di lancarkan.. aamiin :)

    Makasih juga mbak.. blog mbak sangat membantu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah, semoga lancar semua urusannya ya mba cantika :)

      Delete
    2. Sama2 mba cantika. Nanti boleh di share mba kl ada info tambahan dan juga berapa lama prosesnya di kedutaan turki. Makasih mba.

      Delete
    3. Aamiin... makasih mbak warteg gaziantep.

      Iya mbak ayesha... insha allah ntik saya share infonya. Semoga mbak jg berjalan lancar ya mbakk... semangaattt... :)

      Delete
    4. Hallo mbak... saya mw tanya lagi.. maaf ya mbak klo ngerepotin krna sllu bertanya...
      Apakah pernikahan campuran di indonesia itu biaya na sangat mahal mbak? Berapa kira2 biaya nikah na?

      Delete
    5. biaya resepsi atau biaya administrasi?

      klo biaya resepsi, tergantung kita dan keluarga maunya gmn. dl kami ga sampe 20jt buat resepsi di rumah (harga tahun 2010).

      klo biaya administrasi, ini ga bisa ditebak krn msh byk oknum bermata ijo di byk instansi terkait. apalagi klo tau kta nikah sm bule.

      gtu kira2 mba. mudah2an terjawab yaa

      Delete
    6. Biaya administrasi mbak karena waktu saya tanya ke tuan kadi lain harga dan tanya ke kua juga beda harga. Itu yg buat saya bingung. Krna mereka minta dengan harga yang bs di bilang "kejut jantung"

      Delete
    7. Ohya saya mw bagi info juga bahwa utk mengurua dokumen yg di perlukan untk menikah d kedutaan turki tidak sampai satu hari. Dan biaya hanya 5dollar. Hanya menggunakan dollar. Jd kita harus membawa uang dollar ke kedutaan utk mengurus dokem tsb

      Delete
    8. terima kasih infonya mba cantika. (y)

      memang soal biaya adm di indonesia msh bikin kejut jantung :( sy ditodong jg di kua krn nikah sm bule. saran sy, mba cantika dtg bawa aturan yg berlaku krn sesuai aturan mrk ga bs seenaknya ksh harga. klo perlu ancam aja, foto oknumnya dan laporin ke pihak yg bwenang.

      jgn kliatan takut di dpn mrk mba. dan byk2 doa smg alloh mudahkan.

      Delete
    9. mba cantika coba liat ini jg http://nasional.kompas.com/read/2014/08/25/18050571/Menag.Biaya.Nikah.di.Luar.KUA.Rp.600.000.Upah.Penghulu.Berbeda-beda

      Delete
    10. Bener mbak... ketika mereka tau kita nikah dgn bule.. aura wajah mereka beda alias mata duitan lgsg. Saya sempat di persulit krna pihak kua tidak mw menerima kertas dr embassy turki.. mereka mw dokumen si bule dgn beribu alasan yg ujung2 na kita tahu maksd na. Dan saya sempat di minta surat ket polisi. Saya lgsg jwb krna itu sudh tdk brlaku lagi. Jd mereka hanya dia.. huffttt..rasa na geregetan bgt deh liat mrka. Mgkn bnr srn mbak.. saya ambil poto mereka.. biar kapok mereka

      Delete
    11. subhanalloh.. bikin malu ya mba :( sy dl ga berurusan langsung sm kua sih. ada kenalan keluarga yg bantu. tp ttp kena dikerjain mereka.. ttp geregetan. bener2 ujian kesabaran.

      Delete
  30. Assalamualıkum mbak.. maaf mbak mw tanya lg... apakah sı calon wanıta jg harus ıkut ke embassy turkı ketıka sı calon prıa ıngın mengurus surat2 na mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaykumusalam wr wb klo mau nemenin gpp sih plg disuruh tunggu di ruang depan. yg masuk ke ruangan dalam adl si wn turki krn dia yg berkepentingan.

      Delete
    2. Ohh gıtu ya mbak.. syukurlah klu sı calon wanıta gk ıkut gpp. Soalna syga gk bs ıkut ksna hıhıhı... ada kwn blg sı calon wanıta hrs ıkut utk dı tanyaın gtu.. maka na saya jd bıngung.. makasıh mbak ınfo na.

      Delete
    3. atau coba dicek dl via telepon. th 2010 itu sy ikut dan ga ditanya2, cuma nungguin aja di ruangan depan. mungkin ada aturan baru??

      Delete
    4. Hallo mbak... saya mw tanya.. apakah pernilahan campuran di indonesia memang mahal? Krna waktu saya tanya ke kua setempat mereka mengatakan beda harga dengan lokal? Berapakah kita2 biaya nikah campuran?

      Delete
  31. Assalamu'alaikum
    Salam kenal Mba.. :)
    Terima kasih banyak Mba.. isi blognya sangat membantu..

    Maaf Mba saya mau tanya..

    Apakah untuk meminta surat rekomendasi untuk menikah di kedutaan Turki bisa diwakilkan oleh calon istri? dengan membawa scan dokumen-dokumennya calon suaminya..

    Kalau sudah nikah di Indonesia, perlu nikah imam dan nikah resmi lagi gk Mba di Turki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaykumusalam warahmatullah

      alhamdulillah :)

      utk surat rekomendasi dr kedutaan, seingat sy hrs diurus oleh w turki sendiri. atau coba ditanyakan lg k pihak kedutaan.

      klo sdh nikah resmi di indonesia, ga perlu nikah imam lg di turki. klo mau nikah lg juga bisa/boleh tp sifatnya bebas, kembali kpd pribadi msg2.

      Delete
    2. Ohh.. baik Mba.. :)
      Terima kasih banyak yaa Mba untuk informasinya.. :)

      Delete
  32. terimakasih info nya sangat bermanfaat abla,,,

    abla aku mau tanya,,
    aku berencana menikah d turki bulan agustus tahun ini insallah,, apa bisa pakai visa turis e visa /voa untuk tujuan menikah tanpa perlu mengurus visa ke kedutaan di jkt..

    karena aku pergi sendiri tanpa calon apa wajib beli tiket pp ?
    apa bisa beli tiket pergi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. dl sy pk visa turis dan tiket sekali jalan. dl blm ada voa.

      mnrt sy sih bisa aja tapi lebih baik tanya lagi sm kedutaan dan maskapai yg dipake. krn maskapai bs aja nolak org yg hendak k turki tanpa visa + tiket sekali jalan.

      gitu kira2 mba.

      Delete
  33. Assalamualaikum mba.
    Saya dekat dengan pria turki 27 tahun dia tinggal dan bekerja di izmir di kementrian gitu, semacam pns kali yaa
    Dia sudah 2 kali dikirim ke jakarta untuk urusan pekerjaannya
    Rencananya 6 bulan lagi dia akan ke ind untuk pekerjaan ,10 hari kerja di jakarta 10 hari dia akan ke rumah saya (nginep dihotel) dia bilang dia sudah punya rumah dan uang dan siap menikah.
    Dia sangat baik, tidak pernah memaksa saya,
    Kadang ada bule yg baru pacaran minta dikirimin foto nude
    Dia tidakmba, dan dia juga tidak pernah mengirimkan hal hal semacam itu. Dia bilang kita nisa menunggu sampai menikah
    Dia sangat menghargai saya.
    Menurut mba mungkinkah hub ini akan bertahan
    Saya sedikit takut karna dia wna
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia rencananya datang untuk melamar saya.
      Tapi saya bilang saya tidak akan menikah sebelum bertemu dengan keluarganya diturki
      Dan dia setuju mba. Setelah mendapat restu orang tua Dia siap menanggung biaya saya ke turki untuk bertemu dengan keluarganya sebelum rencana pernikahan.

      Delete
    2. wa alaykumusalam warahmatullah

      alhamdulillah.
      semoga alloh mudahkan ya mba widy.

      soal takut, takut knp nih? coba diuraikan ketakutannya sambil dicari solusinya. klo bisa dibicarakan jg sm mas calonnya dan keluarga. terakhir, serahkan semuanya pada alloh. minta yg terbaik. insya alloh nti takutnya kabur :)

      begitu kira2 mba widy

      Delete
  34. Assallamu'alaikum Ablacm 😊
    MashaaAllah sangat bermanfaat sekali blognya semoga berkah selalu.

    Abla aku mau sekedar konsultasi nih .
    Aku sedang dekat dengan pria OT , Domisilinya Istanbul tapi saat ini dia di Sakarya .

    Alhamdulillah dia sudah mapan & Kami berniat untuk menikah muda hehe , dan InshaAllah bulan December ini dia akan bertemu orangtuaku . Doakan yaa Ablacm :) 🙏


    Setelah menikah aku berencana melanjutkan study disana , yang aku ingin tanyakan kira-kira berkas-berkas penting yang aku akan bawa dari indo perlukah di terjemahkan ke dalam bahasa Turkey ??
    Apakah perlu mengurus visa pelajar/langsung urus resident permit di Turkey nanti ?

    terus apakah benar Abla kalau Kota Istanbul sangat kurang cocok untuk menjadi menjadi tempat menetap ?😅

    Maaf , terlalu banyak pertanyaanku 😔
    Terimakasih sebelumnya 😊
    Jazakallah khairan 🌷🙏

    ReplyDelete
  35. Assalammualaykum..
    Mba minta sarannya nih..
    Saya Ada kenalan cowok turki Dan telah menikah anak Satu. Istri Dan anaknya Ada di turki .sedangkan kita bekerja di jepang. Dia minta menikah dengan Saya untuk jadi istri keduaanya di jepang. Menurut mba bagaimana? Tesekkur ederim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaykumusalam warahmatullah.
      Maaf, baru bisa menjawab.

      Menurut saya, cari laki2 lain aja, ya, mba.
      Bukan saya menolak poligami tapi menurut saya, kita perlu tau dan yakin dulu bahwa si laki2 ini akan benar2 bertanggung jawab. Kalo udah yakin pun, gakan ada yg bisa menjamin kelangsungan perkawinan kedua tsb.

      Perlu diketahui. Turki tidak menerima poligami. Kalopun ada, yg terdaftar dlm register pemerintahan hanya istri pertama aja. Walau si laki2 menjamin, akan sangat mudah pula baginya utk meninggalkan istri kedua tanpa ada sanksi hukum/sosial dr pemerintah. Jadi yang jelas-jelas dirugikan adl pihak perempuan.

      Saya tidak paham soal hukum di Jepang.
      Tapi dimanapun dan bagaimanapun, sungguh bijak jika mba tidak mengiyakan. Menjadi istri satu2nya aja buanyak masalah mba. Apalagi ini istri kedua, beda bangsa, dan aturan. Apalagi nanti kalo ada anak.

      Kira2 begitu jawaban saya mba.
      Allah kolaylik versin.
      Wallahualam bishshawwab.

      Delete
  36. Assalamualaikum
    Maaf mbak mau tnya2
    Saya dan calon ada rencana mau nikah sblm bln mei
    Maret nanti calon saya kesini untuk bicara dengan ortu saya
    Dia kan kerja jdi gk bsa lama2 di indo
    Kira2 mbak2 disini ada yg tau ndak pengurusan surat izin nikah di kedutaan berapa lama??
    Terimakasihhh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...