Tuesday, April 23, 2013

Cerita Mudik (3): Mengurus Dokumen (KTP-Paspor-Dll) yang Hilang

Tulisan ini adalah pengalaman saya mengurus dokumen-dokumen saya yang hilang saat saya belanja di supermarket Diamond. Dokumen yang hilang adalah KTP saya, KTP anak (2), buku nikah, IKAMET (residence permit) dan paspor (3). Saya akan menuliskan kembali langkah mengurus dokumen tersebut dan semoga informasi ini berguna untuk pembaca sekalian.

Langkah Pertama
Untuk mengurus semua dokumen yang hilang, kita harus memulainya dengan BAP di kantor polisi. Untuk proses BAP, kita harus membawa:
1. Fotokopi KTP yang hilang jika ada ATAU kartu keluarga.
2. Untuk paspor, mintalah kopian paspor yang hilang tersebut dari kantor imigrasi (atau KBRİ) tempat terbitnya paspor tersebut.
*seharusnya proses BAP di kantor polisi tidak dipungut biaya tapi saya dimintai Rp50.000,- untuk satu paspor yang hilang. Untuk dokumen lain, petugas BAP bilang, 'seikhlasnya'. (wadezig!)

Mengurus KTP Hilang

1. Mintalah surat keterangan dari RT dan RW.
2. Lengkapi dengan Surat Keterangan Hilang dari Polisi.
Biaya: Rp10.000,- (KTP siap dalam 2 hari kerja) Rp20.000,- (KTP siap dalam 1 hari kerja)
*untuk e-KTP konon prosesnya lebih rumit.

Mengurus Buku Nikah Hilang
1. Surat Pernyataan Masih Berstatus Suami dan Istri dan Belum Bercerai (di atas materai)
Redaksi surat bisa ditanyakan ke petugas KUA
2. Surat Keterangan Hilang dari Polisi.
3. Pas foto 2x3 (suami dan istri), 3 lembar.
Biaya: Rp200.000,- (saya tidak tahu pasti berapa biaya resminya tapi saya diminta sebanyak itu dan Duplikat Buku Nikah siap keesokan harinya).

Mengurus Kimlik (KTP Turki) Anak
Saya tidak tahu pasti surat apa yang diperlukan untuk mengurus Kimlik yang hilang tapi suami saya hanya pergi ke Kedutaan Turki dan dalam 2 jam dia kembali dengan Tanda Terima Biaya Mengurus Kimlik dan Kimlik baru. Biaya Kimlik baru Rp40.000,-

Mengurus Paspor Hilang
Paspor Dewasa:
1. Formulir dari Kantor Imigrasi dan Surat Pernyataan (gratis)
2. Kartu Keluarga
3. KTP
4. Akte Lahir
5. Ijasah Pendidikan Terakhir
6. Kopian Paspor yang hilang

Paspor Anak:
1. Formulir dari Kantor Imigrasi dan Surat Pernyataan Orang Tua (gratis)
2. Kartu Keluarga
3. KTP Ayah dan Ibu
4. Buku Nikah
5. Tanda Bukti Laporan Kelahiran (untuk anak yang lahir di LN)
6. Kopian Paspor yang hilang

Siapkan fotokopi dari semua dokumen tersebut dan ASLİnya.
Untuk mengurus paspor hilang, kita perlu melalui proses BAP yang memakan waktu karena mengandalkan sistem online terpusat. Jika sistem di pusat bermasalah maka sistem di seluruh kantor imigrasi pun bermasalah. Setelah BAP selesai, kita harus mengantar berkas tersebut ke kantor wilayah Departemen Hukum dan HAM direktorat Imigrasi (khusus Jakarta, kantor tersebut berada di sebelah Gedung Nindya Cawang). Dari sana kemudian kita mendapatkan surat jawaban dan barulah paspor baru bisa diproses.

Kita langsung ke loket pembayaran dan menerima nomor untuk wawancara dan foto. Empat hari kemudian (hari kerja) paspor pun siap. Biaya paspor pengganti paspor hilang adalah Rp455.000,- (tanpa calo dan perantara).

Jika Anda dikejar waktu karena harus kembali ke kota tujuan di LN dan tidak bisa mengganti tanggal keberangkatan, saya sarankan Anda menemui petugas yang paling berkuasa di Kantor Imigrasi tersebut yaitu Kepala Kantornya atau paling tidak Ajudannya. ATAU (mohon maaf) carilah calo atau orang dalam yang bisa mengurus paspor tersebut dalam tempo secepat-cepatnya. Tidak semua calo sanggup melakukan hal tersebut.

Mengurus Kartu Keluarga untuk Anak yang lahir di LN atau berayah WNA
1. KTP Ayah dan Ibu
2. Buku Nikah
3. Kopian Paspor Anak
4. Tanda Bukti Laporan Kelahiran dari Catatan Sipil (untuk anak yang lahir di LN)
Biaya: suka-suka oknum kelurahan (Kalau ga dikejar waktu beri saja Rp20.000,- dan tunggu 3 hari kemudian. Kalau buru-buru, ancam oknum tersebut untuk menyelesaikannya dalam hari yang sama sambil diiming-imingi lembaran rupiah berwarna merah).

Surat yang Atas dari KBRİ
Surat yang Bawah dari Catatan Sipil Propinsi

Bonus:
Mengurus Surat Tanda Bukti Laporan Kelahiran di Catatan Sipil Propinsi (untuk anak yang lahir di LN)
Berdasarkan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Paragraf 2 Pasal 29
"Pencatatan Kelahiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) dilaporkan kepada Instansi Pelaksana paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak Warga Negara Indonesia yang bersangkutan kembali ke Republik Indonesia." 
Dokumen yang diperlukan (lupa-lupa ingat nih):
1. KTP Ayah dan İbu
2. Buku Nikah
3. Paspor Ayah dan İbu
4. Paspor Anak
5. Surat Lahir dari KBRI
(lebih jelasnya hubungi Kantor Catatan Sipil Propinsi di kota Anda)
Biaya: Rp25.000,- (jika tidak terlambat dan tidak kena denda)
Dalam waktu seminggu, surat bisa diambil di Kantor tersebut.

Selamat mengurus dokumen ^^!

15 comments:

  1. huhu... ribet amat yaaakkk... udah parno duluan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe jangan bayangin yg engga2 dulu.
      sama org2 itu kita harus tegas dan berani gertak.
      klo kliatan "lemah" pasti mereka "semena-mena" sama kita.
      di imigrasi klo urus sendiri emg berasa dianaktirikan.
      tp di capil ga gitu.
      yg penting berdoa semoga dimudahkan alloh semua urusan.
      dan klo perlu ga ush berurusan sm makhluk2 itu.
      >.<

      Delete
  2. Boleh nanya,ga? Waktu proses bap di imigrasi untuk penggantian paspor anak yg hilang, apa kedua org tua harus hadir? Boleh tdk kalo hanya ibu saja yg mendampingi,sekalian bap untuk paspor ibunya yg hilang juga,.. kendala bapaknya tdk bs hadir krn pekerjaan diluar kota. Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau paspor ibunya hilang juga tentu hrs proses bap. jadi ibu dan anak kna bap. usahakan untuk menyerahkan berkas bersama2 spy proses bap-nya bs barengan. kalau spt itu, ayahnya tdk perlu hadir krn sdh ada ibunya.

      semoga cepet beres urusannya ya :)

      Delete
  3. stress banget yaa,ngurusinnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. stresnya krn panik mba waktunya mepet. klo ga diburu2 tiket balik mah.. dongkol jg sih tp mungkin beda stresnya hehe

      Delete
  4. Saya lg proses BAP atas paspor yg hilang di Imigrasi Jaksel, tp dokumennya sudah dimusnahkan kata mrk, krn saya baru dtg 2 bulan kemudian (sbnrnya sy tdk salah juga, wkt itu petugas loket bawah blg sy sdh bs BAP hari itu jg, tp pas sy ke petugas BAP, sy dsuruh dtg mg dpn uy/ BAP, ya gbs lah, sy minggu dpn dan minggu2 berikutnya ada keperluan di luarkota, petugasnya blg, ga liat dok sy bnyk bgt u/ diselesaikan? *pdhl dok-nya ga segitu bnyknya numpuk), akhirnya sy br dtg 2 bln kemudia dan dok mmg sdh hilang dari meja petugas BAP. Celakanya, semua fotokopi paspor sy yg hilang ada di situ semua. sbnrnya wkt handover dok saya dr petugas lantai bawah ke petugas BAP, sy sdh meminta bukti pengambilan dok sy (in case kl dok sy hilang, scr kl melihat cara kerja mrk, riskan sekali dok2 tsb akan hilang), tp sy ga dikasih. Benar saja dok sy hilang! skr sy stuck, minta surat kehilangan ke polisi gbs, krn hrs ada bukti fotokopi paspor lama. Mau minta kopian paspor lama ke kanim itu lg, males bgt, petugasnya cuek2 n ga helpful menurut sy. What should I do? hikss2.. * desperado*. Mau sdkt tdk idealis dgn memakai calo..tp mahal :( oya, paspor sy yg hilang jg sdh expired dr 2012, kira2 biaya pembuatannya mahal tidak ya? mohon pencerahannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh mba, aku turut prihatin yah. semoga ada jalan keluar dan dimudahkan semua urusannya. aamiin.

      klo masalah petugas BAP, hehe, begitulah mba. petugas yg menangani BAP saya malah bangga pamer2 surat komplen dr metro TV. maksud dia, mau siapapun yang minta diduluin, GA BİSA. waktu saya ngadu ke ajudan kakanim, dia ngambek, haha, bodo deh.

      saran saya, minta data paspor lamanya (walau bete, pasang tampang galak aja, mba) trus coba masukin berkas lagi tapi di kanim lain. denger2 kanim cipinang pelayanannya bagus. sekarang buat paspor bisa dari kanim mana saja karena sudah online. saya harusnya buat di tg priok tp dibuang ke kelapa gading karena (maap-maap) petugas disana ga ngerti sama kasus saya (mereka bahkan ga tau dimana itu KBRI Ankara. gubrak!)

      kalo pake calo, selain mahal, ga semua bisa juga. kalo bisa, coba cari orang imigrasi yang bisa dimintai pendapatnya, supaya lebih jelas.

      fyi, mba, waktu saya ngantri nomer di kanim gading, ada ibu2 yang mo buat paspor utk anaknya dan dia udah nyerah ngantri ga dpt nomer, akhirnya dia "usaha" dan berhasil mendapatkan nama petugas di dalam dan akhirnya proses pembuatan paspor anak tercinta itu diselesaikan lewat pintu belakang.

      biaya pembuatan paspor baru kalo belum berubah, Rp255.000,- klo paspor hilang Rp455.000,-, proses pembuatan paspor 4 hari kerja (tanpa proses BAP yang bisa makan waktu banget!)

      mudah2an jawaban saya bisa membantu ya, mba. ^^

      Delete
  5. aduuuh kok ribet bnget ya...saya kehilangan paspor yg kadaluarsanya sudah hbis dri tahun 2012,sekarang saya mau mengajukan prmhonan baru,apa hrus menyertakan surat kehilngan dri kepolisian ? mbon pencerahanya trmksh !




    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya, mba tetap ke polisi minta surat kehilangan karena pihak imigrasi akan meminta surat keterangan hilang dr polisi.
      kalau dokumen itu tidak ada, mba pasti tertahan di loket dan diminta kembali lagi utk melengkapi dokumen. lebih baik dokumen lengkap dari awal mengingat proses yg sangat melelahkan.

      mudah2an lancar semua urusannya, mba :)

      Delete
    2. kalau membuat yang baru, bukan perpanjangan, bisa tidak? anggap saja belum pernah buat paspor. beberapa tahun yang lalu, teman saya pernah bikin seperti itu, dan bisa. kalau sekarang, saya tidak tahu.

      Delete
    3. bisa dicoba sih :)
      siapa tau masih bisa. mengurangi sedikit keribetan hehe

      Delete
  6. Mbak boleh mınta kontak whats appnya? ada yg mau saya tanyakan..
    İkamet saya juga hılang..tp kmrn kedutaan cuma mau buatkan visa aja bukan ıkamet..saya kmrn gabısa terbang mbak..pakaı sıngapur aırlınes

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedutaan turki mmg tdk menerbitkan ikamet pengganti ikamet yg hilang. dulu, saya hrs beli voa lagi utk masuk kembali ke turki, yang ternyata tidak perlu karena pihak imigrasi turki masih punya data ikamet saya.

      klo maskapai ga mengijinkan mba terbang, mungkin emang mrk punya banyak kasus soal dokumen. thy (turkish airlines) waktu itu tidak menanyakan soal ikamet saya. mrk hanya periksa paspor dan tiket.

      td dapat kabar, ada teman yg kembali ke turki dg qatar airways, one way ticket dan ikamet mati, tertahan di konter cek-in, ribut, debat, dsb. hingga akhirnya teman ini menandatangani surat perjanjian dengan pihak qatar airways jika ternyata ada masalah kelak.

      ternyata qatar airways seringkali harus memulangkan wni yg ditolak masuk qatar krn dokumennya ga lengkap sehingga mereka merugi. oleh karena itu mereka mengetatkan aturan cek-in walau tetep ya caranyaaa... ga mesti pk ngajak ribut juga kelesss.

      begitu mba. mudah2an bisa segera kembali ke turki. aamiin

      Delete
  7. Beberapa tahun yang lalu ponakan saya buat paspor melalui calo,dan ternyata calonya kabur.tapi ponakan saya sempat foto di imigrasi.nah itu termasuk kasus apa ya mbak?? Trus kena biaya kehilangan atau apa ya mbak??Apa duplikat?? Dan alasan apa yg harus di BAP kan ponakan saya di imigrasi nanti mbak?? Dikarenakan sampai sekarang tidak tau status paspornya apa.karna tidak ada kabar dari calo lagi.terimakasih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...