Saturday, December 22, 2012

Tempat Makan Favorit di Gaziantep (2)

Salah satu makanan lokal favorit saya: kebap ayam (tavuk kebap). Sejak saya tidak lagi jajan di resto-resto fast food asing, saya memilih fast food lokal seperti sıkma atau kebap. Selama belum bisa bikin sendiri dan belum bisa nyaingin rasanya, baiklah saya jajan aja. Hehe.

Kebap ayam itu kalo di Jakarta mah namanya sate ayam tapi ditusuk di tusukan besi yang besar dan disiapkan di dalam etalase kaca. Kalo ada yang beli, tinggal dibakar di atas bara api. Kemudian, si daging ayam
(biasanya bagian dada) dilepas dari tusukannya dan ditata di atas roti pide (khas Turki) bersama sayuran seperti bawang bombay, tomat, cabe panggang, daun parsley dan digarami. Cara makannya: roti digulung sampai menutupi si ayam dan kemudian, hap, lalu ditangkap, eh digigit. ^^!


Kebap Ayam (Tavuk Kebap)

Tukang kebap yang biasa saya kunjungi kalo kepengen kebap bukan asal tukang kebap. Di Gaziantep, kebap itu seperti layaknya bakso di Jakarta, ada yang murah meriah, ada yang mahal ga kira-kira, walau ga ada yang mengandung celeng. Tukang atau warung kebap yang saya cari adalah yang murah, bersih dan kebapnya enak alias cocok sama selera orang Jakarta.

Pilihannya adalah Fikret Usta Kebap Salonu atau Warung Kebap Bapak Fikret. Letaknya di Gazikent. Jadi kalo pulang belanja sayur di pasar Gazikent, bisa mampir dulu disitu. Tapi, sejak ada tukang kebap di pasar Gazikent, saya udah lama ga jajan kebap ayam disitu. Apalagi sekarang belanja sayurnya pindah ke pasar Merveşehir. Makin jarang deh kesitu.

Walau demikian, rasa kebap ayam si abang Fikret itu ruar biasa dah! Pedesnya pas dan ga ada rasa jintennya. Koq jinten? Iya, beberapa tukang kebap suka pake jintan dalam racikan bumbu kebapnya. Maka dari itu, kalo kepengen kebap yang sedep, ada baiknya ke tempat bang Fikret aja.

Selain warung kebap abang Fikret, ada juga warung kebap lain yang kebapnya ga kalah sedep. Cuma letaknya agak jauh di kota dan saya ga terlalu suka kesana. Apalagi harganya juga beda. Kalo udah yang namanya "kota", harga pun jadi harga kota. Jadi tetep aja kudu ke warung abang Fikret.

Terakhir, saya cobain kebap di warung kebap baru di daerah Yazıcık. Rasa kebapnya lumayan dan bisa jadi pilihan kalo bosen ke tempat abang Fikret. Penasaran? Kesini dong biar bisa nemenin saya jajan kebap. Yuuuk!






4 comments:

  1. Saya temeniiin mbaaaaaak... Ayuk wiskul.. Horreee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuuk. insya alloh supir pribadi mau jg nemenin, yak..

      musim panas gini enaknya ke abang fikret makan kebap.. nyobain baklava.. trs maras dondurma.. ngitir2 di carsi.. waduuh.. siap2in kaki sama perut aja dah :D

      Delete
    2. aaakkk.... asik... ^u^
      H-2 for sure, aku sudah deg2an pengen memulai adventurenya deh. hahahahah alhamdulillaaah kl supiir pribadi mau menemani mb.. :D kaki siaaap, perut siaaap, kamera siaaaaap,, hahaah apalagi? oh, baca bismilllaah.. ^^ gegegege

      Delete
    3. waduh udah H-2 ajah.. ^^
      mudah2an alloh beri kemudahan yaa
      jgn lupa ksh tau jam brp nti mendarat di antep :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...