Sunday, April 7, 2013

JALAN-JALAN #2: Ke Kebon Binatang (Gaziantep Hayvanat Bahçesi)

Pintu Masuk Bonbin
Kebon Binatang adalah tempat jalan-jalan favorit keluarga kang warteg. Apalagi sekarang anak-anak lagi norak-noraknya lihat binatang. Ditambah emak si kembar emang doyan banget ke bonbin. Total udah 2x aja si emak ke bonbin. Asal tau aja, bonbin di Gaziantep alias Gaziantep Hayvanat Bahçesi itu gede banget. Sekali berkunjung pun tak habislah satu bonbin itu.

Walau berkali-kali berkunjung, saya tetap ga akan bosan kesana karena tempatnya sejuk dan bersih. Pemandangan juga cantik dan udaranya benar-
benar segar. Kendalanya cuma jaraknya lumayan jauh dari rumah.

Bonbin Gaziantep ini terletak di daerah kampus artinya kalau mau kesitu biasanya kita melewati Universitas Gaziantep. Di pintu gerbang paling depan kita disambut oleh hutan pinus yang tidak terlalu padat dan sudah disiapkan sebagai area piknik keluarga. Disana ada bangku dan meja untuk piknik. Selain itu pemkot juga menyediakan air bersih di beberapa lokasi dan juga tempat memanggang. Jika orang pergi piknik biasanya selain acara pindah sarapan juga pindah makan kebap.


Hutan Pinus Tempat Piknik

Tak terlalu jauh dari pintu gerbang utama barulah kita menemukan pintu masuk ke dalam bonbin. Di depan pintu masuk terdapat area parkir dan loket. Saya lupa berapa harga tiketnya tapi cukup terjangkaulah. Disitu juga ada beberapa kios yang menjual suvenir dan minuman serta makanan ringan.


Bagian Depan Bonbin

Jika kita sudah berada di dalam bonbin, jalan aspal luas terhampar. Di sisi kiri dan kanan halaman rumput tertata rapi. Dan kandang-kandang hewan pun mulai tampak.

Di bagian depan, ada kandang terbuka untuk primata, gedung akuarium dan rumah burung. Di tengah dibuat kolam yang dihuni oleh beberapa kura-kura. Ada juga berbagai unggas yang dipelihara di kolam yang berbeda.

Jalan Menuju Kandang Primata

Ke bagian dalam sampai ke belakang barulah kandang-kandang binatang buas ditempatkan. Di sana kita bisa melihat berbagai macam kucing besar, dari singa sampai leopard. Di bagian belakang terdapat pula beberapa pondok kecil dengan bangku kayu supaya pengunjung dapat beristirahat atau piknik.


Fasilitas Air Minum

Kesan yang saya rasakan setelah dua kali berkunjung ke bonbin adalah penasaran! Kunjungan pertama saya lakukan di saat saya sedang hamil tua. Kontur bonbin yang naik turun membuat saya cepat lelah dan tidak sanggup melihat semua hewan koleksi bonbin. Kunjungan kedua saya dibatasi oleh waktu sehingga walau bisa melihat semua koleksi hewan, tidak bisa berlama-lama dan tidak semua kandang saya datangi. Jadi, saya rasa saya harus kesana lagi.

Selain hewan dan tempat piknik, bonbin ini dilengkapi oleh teropong yang bisa kita pakai dengan memasukkan koin 1TL. Dengan teropong itu kita bisa melihat pemandangan kota Gaziantep. Bonbin juga menyediakan masjid dan restoran serta wc umum.

Dengan keadaan yang bersih, udara segar, fasilitas lengkap, hewan terawat, sepertinya tidak salah kalau bonbin Gaziantep adalah yang terbesar di Turki dan nomor empat terbesar di Eropa. Benar-benar harus dikunjungi!



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...