Thursday, November 28, 2013

Membuat Flash Card

Flash card adalah kartu kecil-kecil yang biasa dipakai sebagai alat bantu belajar. Dulu jaman masih jadi ibu guru, membuat flash card adalah makanan sehari-hari saya. Ternyata setelah 12 tahun, saya masih juga membuat flash card itu.





Flash card ini saya buat untuk membantu kegiatan belajar di rumah. Bentuknya pun sederhana. Sebenarnya flash card banyak dijual di toko buku. Tapi, lagi-lagi, saya ga mau buang-buang uang karena apa-apa di Antep itu mahal. Jadi, mari kita membuat flash card.


Pertama, kita bisa mencari link (tautan) yang memberikan flash card gratis. Ada banyak tautan yang bisa dimanfaatkan, seperti math aid. Tautan itu menyediakan flash card untuk belajar matematika atau berhitung. Tautan lain yang bisa dilihat adalah oocities. Jika dua tautan itu tidak memuaskan, kita bisa memanfaatkan google dengan mengetikkan kata flash card atau yang lebih khusus seperti alphabet flash card atau number flash card.

Kedua, setelah data flash card sudah kita simpan, kita bisa mencetaknya. Saya lebih suka mencetak dalam warna hitam putih, lebih irit.

Ketiga, tempelkan hasil cetakan flash card pada karton bekas kemasan supaya ia kokoh dan kuat. Jika suka, bisa juga memanfaatkan teknologi laminasi. 

Keempat, potong-potong sesuai ukurannya.

Kelima, supaya rapi, bisa juga potongan-potongan flash card itu dilapis oleh cello tape
Flash card sudah siap dan bisa digunakan.

Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...