Monday, September 28, 2015

Jurnal Homeschool Bagian 10: Membuat Bola dari Kertas



Assalamualaikum.

Mari kita prakarya lagi. Kali ini membuat bola dari kertas. Prakarya ini mengingatkan saya pada masa-masa di taman kanak-kanak dulu. Udah lama sekali, ya. Ternyata saya pernah masuk TK juga, hehe. Sekarang, gantian deh, saya jadi "ibu guru TK" buat anak-anak saya.

Kegiatan prakarya buat anak-anak tidak selamanya menyenangkan. Untuk anak laki-laki saya, prakarya adalah mimpi buruk. Dia mudah menyerah dan mudah moody, membuat ibu guru darting. Tapi, kalau sudah lihat hasil prakarya saudaranya yang perempuan, barulah ia mau ikut membuatnya. Hadeh, lama yaaa.





Untuk membuat bola kertas ini kita membutuhkan:
Kertas warna-warni berbentuk lingkaran, saya pakai karton yang lebih tebal dari kertas manila biasa.
Lem yang kuat, saya pakai lem PVA.


Kertas warna-warni berbentuk lingkaran itu kita bentuk segitiga dengan melipat tiga sisinya. Kita bisa mengajak anak-anak melipat dulu, satu demi satu. Jika sudah terlipat semua, mulailah menyatukannya.

Beri lem di satu sisi segitiga dan tempelkan pada segitiga yang lain.



Untuk membentuk bola, dibutuhkan empat segitiga di atas dan di bawah. Jangan lupa juga menempelkan benang saat menyatukan sisi-sisi segitiga tersebut sehingga bola bisa digantungkan di tempat yang kita inginkan.

Selamat mencoba.



posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...