Wednesday, June 15, 2016

Spritz Cookies, Mari Memanggang Bunga



Assalamualaikum.

Masih ingat cerita press cookies yang umurnya sangat pendek dan langsung rusak? Ternyata ibu mertua punya press cookies yang jauh lebih kuat dan sama seperti milik ibu saya di Jakarta. Masih ada ga ya?

Eniweh, ibu mertua dengan senang hati memberikan si cookie press itu kepada saya. Padahal saya pengennya beli baru. Hihi. Yaweslah. Karena itu alat sudah ada di dapur saya, maka mari memanggang spritz cookies.

Walau namanya spritz cookies dan dicetak dengan alat, bukan berarti gampang dibuat. Saya butuh berkali-kali mencoba untuk mendapatkan bentuk seperti bunga-bunga yang cantik. Dan saya menduga ada banyak versi resep kukis ini. Insya Alloh nanti kita coba versi yang lain juga.

Spritz Cookies
(dari The Joy of Baking)
Bahan:
227 g mentega, suhu ruang
100 g gula bubuk
1 kuning telor
1 sdt vanila bubuk
2 cup terigu
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan gula hingga lembut.
2. Masukkan telor. Kocok lagi.
3. Tambahkan vanila bubuk, terigu dan garam. Kocok hingga menyatu. Jika adonan terlihat berpasir, tidak masalah. Nanti ia akan menyatu setelah masuk cetakan.
4. Siapkan loyang yang diolesi mentega.
5. Masukkan adonan ke dalam cookie press. Cetak satu per satu hingga adonan habis.
6. Panaskan oven dengan suhu 180 der C. Panggang kukis selama 10-14 menit.
7. Keluarkan dari oven. Biarkan dingin dan lepaskan dari loyang.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...