Wednesday, February 8, 2017

3 Cara Daur Ulang Seprei

Assalamualaikum.

Jika Anda punya masalah gatel tangan akut dan perlu memenuhi kebutuhan kain rumah tangga saat persediaan kain menipis, Anda harus coba cara daur ulang seprei berikut ini.

Seprei yang sudah lama tapi masih layak pasang, bisa didaur ulang menjadi kain rumah tangga yang bermanfaat. Ukurannya yang besar membuat kita mudah memanfaatkan dan menyulapnya menjadi sesuatu yang baru.

Ada tiga cara daur ulang seprei yang bisa kita lakukan:

1. Mengubah seprei menjadi kain pelapis jok bangku dan sarung bantal.

Seprei yang saya pakai adalah seprei merk M* L*** berukuran 200x200cm. Seprei dibagi menjadi beberapa potong untuk jok dan 7 buah bantal kursi. Untuk sarung bantal, saya memakai model amplop supaya tak perlu memasang risleting. Untuk menghemat bahan, Anda bisa menggunakan model dengan risleting.





2. Mengubah seprei menjadi pelapis sofa.

Seprei yang saya daur ulang adalah dua buah seprei ukuran 120x100 berbahan kaos. Satu seprei untuk bagian sandaran dan satu seprei untuk bagian dudukan yang dibagi menjadi dua. Proses ini tidak melibatkan jahitan kecuali jika diperlukan.



3. Mengubah seprei menjadi sarung duvet (duvet cover) atau biasa disebut yorgan di Turki.




Seprei yang saya daur ulang menjadi sarung yorgan adalah selembar seprei dan selembar pelapis selimut yang mempunyai motif yang sama. Mereka memang satu set dengan selimut. Tapi karena saya perlu sarung yorgan, saya menyatukan mereka dan menjahit sekelilingnya.

Ukur luas sarung yang akan dijahit sesuai luas selimut.

Satukan dengan jarum pentul. Sisakan bagian untuk jalan masuk selimut.

Jahit sekelilingnya. Balikkan.

Di bagian terbuka jalan masuk selimut, pasang kancing atau risletinh supaya rapi saat sarung terpasang.

Selamat mencoba.
Semoga bermanfaat.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...