Wednesday, March 1, 2017

Foto yang Raib alias Menghilang dari Blog





Assalamualaikum.

Berulang kali aplikasi whatsapp ngajak berantem. Total sudah dua kali saya harus me-reset ulang hape supaya whatsapp bisa berfungsi lagi. Setelah di reset, hape jadi kembali ke setting awal dan semua foto di blog ini terlihat di hape dalam folder masing-masing. Kesannya hape saya penuh dengan foto-foto lama. Sebenarnya mereka hanya "terlihat" saja, ga perlu dihapus atau dihilangkan karena ga memakan kapasitas penyimpanan hape.

Tapi, saya baru sadar sesudah saya menghapus sekitar 200 foto. 200! Dan 200 foto itu adalah foto-foto yang masih diperlukan di blog ini. Karena sudah terhapus, mereka pun raib,  menghilang dari postingannya masing-masing. Bodohnyaaa!





Jadilah, saya memeriksa semua postingan dan mengembalikan postingan yang tak berfoto dan sudah terbit ke folder draft. Saya memutuskan untuk memotret ulang dan ngubek-ngubek akun medsos saya mencari foto cadangan, supaya postingan bisa tetap terbit. Sejauh ini baru dapet tiga postingan. Huaaaa!

Ternyata, jika foto menghilang dari blog, kita bisa memeriksa mesin pencari google karena bisa jadi foto-foto yang ada di blog kita sudah terindeks di sana. Tinggal disalin atau disimpan ulang walaupun resolusi fotonya ga sebagus yang asli. Alhamdulillah saya berhasil mengembalikan kebanyakan dari foto yang hilang. Dan ternyata ga semua foto di blog ini terindeks di google.

Bodohnya, saya sudah telanjur menghapus beberapa postingan yang fotonya menghilang. Walaupun fotonya ada di google, postingan tak bisa diposting ulang. Jadi, mohon maaf jika ada yang merasa kehilangan. ^^!

Begitulah, maksud hati ingin menghemat kapasitas penyimpanan hape; apa daya malah kehilangan foto. Hiks. Semoga ga terulang lagi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...