Wednesday, June 14, 2017

Membuat Kotak Cantik dari Kardus dan Kain Sisa




Assalamualaikum.

Kardus-kardus bekas ternyata bisa disulap jadi kotak cantik untuk wadah seribu printilan di rumah. Kali ini saya memanfaatkan kain bekas warisan mertua yang bahannya terlalu licin dan warnanya terlalu gonjreng. Daripada dia nganggur, diolah aja deh jadi pembungkus kotak. Sebenarnya, kita bisa juga menggunakan contact paper untuk melapis kardus. Tapi dengan dibungkus kain, kita bisa mencucinya jika kain mulai tampak dekil. Lumayan lah, jadi satu kotak untuk printilan jahit si mbok. 😊  Plus, kalo butuh kotak buat hantaran lebaran, bisa juga kaaan?

Bahan yang diperlukan:

Kardus bekas
Kain secukupnya
Benang jahit

Cara membuat:
1. Hamparkan kain (bagian yang bagus menghadap atas) dan letakkan kardus di tengah. Mulailah menandai empat sudut kardus di atas kain. Lebihkan sedikit ketika memberi tanda supaya sarung tidak kekecilan ketika dipasang ke kardus. Tanda empat sudut ini adalah panduan kita melipat kain.




2. Lipat kain tepat di garis putus-putus dan setrika hingga membentuk bekas lipatan.  



  


3. Satukan bekas lipatan A dan A, B dan B, dst. Satukan dengan jarum pentul. Jahit, bisa dengan tangan atau mesin.




4. Setelah dijahit, gunting kelebihan kainnya. Balikkan kain.
5. Pasang di kardus. Buat dua buah sarung; satu untuk penutup bagian luar dan satu lagi untuk penutup bagian dalam. Kelebihan kain penutup bagian dalam bisa dilipat dan dimasukkan ke sisi bawah luar kotak (lihat gambar paling atas).




Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...