Friday, February 17, 2012

Kue Apem Ketawa

Jaman lagi hamil tua dulu, saya sempat kepengen kue apem sekalian sama kolak. Susah bener ya kalo hamil tua  jauh dari keluarga. Tapi masih bisa usaha bikin, jadi jangan kuatir. Resep asli saya intip dari sini dan saya modifikasi karena keterbatasan bahan hehe.


Kue Apem

Kue Apem Ketawa
Bahan:
175 g tepung beras
175 ml air dingin
200 g gula pasir
75 g terigu
125 ml air mendidih
125 ml air soda/soft drink

1 sdt baking powder

Cara membuat:
1. Campur tepung beras dengan air dingin, remas-remas hingga tepung lembab. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Sisihkan.
2. Tuangi terigu dengan air mendidih, aduk hingga licin.
3. Satukan adonan tepung beras dan terigu, sedikit demi sedikit, sampai licin. Saring bila perlu.
4. Tambahkan baking powder dan air soda. Aduk rata.
5. Siapkan dandang dan panaskan cetakan kue dalam dandang yang airnya mendidih.
6. Masukkan adonan ke dalam cetakan sampai hampir penuh.
7. Kukus selama 25 menit sampai kue merekah (jangan buka tutup dandang di 20 menit pertama). Bungkus tutup dandang dengan serbet supaya air tidak jatuh ke dalam adonan.

Dandang darurat
Catatan: 
1. Saya tidak memakai tape karena disini ga ada tape.
2. Saya juga tidak punya dandang jadi saya memakai panci dan panci buat nasi yang banyak lubangnya.
3. Cetakan pun saya pakai cetakan pie yang kecil-kecil (seperti yang buat kue nastar keranjang).
(Lihat gambar)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...