Sunday, May 20, 2012

Telor Asin

Saya sedang dalam rangka bikin sendiri yang bisa dibikin (sok rajin) jadi ngubek-ngubek gugel cari resep telor asin, ikan asin, pembersih organik, pengharum ruangan rumahan, dll. Bener-bener kerajinan ya? Tapi, ga ada salahnya dan ga ada jeleknya. Apalagi buat saya yang ga bisa menemukan telor asin di pasar. Semua resep bikin sendiri itu adalah ilmu berharga.

Nah, proyek pertama adalah telor asin buatan sendiri berbekal resep dari mba Lina. Caranya gampang dan
hasilnya pasti: telor asin hehe. Mau coba, silakan!

Telor Asin
Bahan:
15 telor ayam (ga nemu telor bebek)
2 liter air
2 cup garam

Cara membuat:
1. Aduk air bersama garam dalam wadah (saya menggunakan botol air minum ukuran 5 liter yang saya buang atasnya).
2. Masukkan telor (saya pakai 15 karena kalau dicoba satu, telornya akan terus berkurang hehe). Tutup dengan piring supaya telor terendam semua dalam air garam.
3. Rendam telor selama seminggu. Setelah seminggu, rebus satu telor. Jika sudah pas asinnya, angkat semua telor dan simpan seperti menyimpan telor biasa. Jika belum pas, teruskan merendam hingga minggu berikutnya (saya merendam selama 2 minggu dan buat saya, telor sudah cukup asin).

Telor direndam dalam air garam supaya menjadi telor asin.

Catatan:
Jika ingin asin lebih cepat, gunakan lebih banyak garam.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...