Monday, October 29, 2012

Dendeng Balado Sederhana

Suatu hari saya dikirimi resep dendeng oleh mbakku. Wah, langsung aja deh dicoba. Ngomong-ngomong, saya baru sekali ya posting resep yang menggunakan daging. Hehe, abis daging disini masya Alloh harum bener baunya :) Daripada saya mabok mencium bau harum tersebut, lebih baik saya mengalah, masak dengan bahan lain ajah.

Eniweh, back to dendeng. Saya seneng banget nih sama si dendeng ini dan saya akan bikin lagi (di rumah pas ada rejeki daging sapi kurban tetangga, alhamdulillah). Kenapa? Karena ketika bikin dendeng dan hati sedang kesel berat, saya bisa dengan sepenuh hati menggeprek si daging itu. Daging jadi gepeng, hati pun lega.

Dendeng Balado Sederhana
Bahan:
1/4 kg daging has sapi, rebus dengan garam hingga empuk
10 btr bawang merah, tumbuk kasar
20 cabe merah keriting, tumbuk kasar
1 tomat ukuran besar, potong tipis-tipis
4 tetes cuka (bisa diganti dengan air lemon)
garam secukupnya
minyak goreng

Caranya :
1. Rebus daging hingga empuk.
2. Setelah empuk, daging diiris tipis-tipis dan dipanggang dalam oven. (suka saya lewatin nih yang bagian manggangnya)
3. Setelah kering daging digeprek, kemudian digoreng sebentar.
4. Tumis bawang merah, cabe dan tomat sampai matang, tambahkan cuka dan garam.
5. Masukkan daging, aduk-aduk sampai bumbu meresap. Matikan apinya.
5. Hidangkan.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...