Monday, December 31, 2012

30 Kuliner Khas Indonesia

Gado-Gado a la Warteg Gaziantep
Saya baru tahu kalo Indonesia punya 30 kuliner khas yang siap mendunia. Kenapa cuma 30? Mungkin agak ribet ya untuk memilih yang paling khas dari sekian banyak makanan khas yang ada di Indonesia. Dari singkong aja, kita bisa punya bermacam-macam makanan, kata Heti Hanım. Belum dari ubi, pisang, dll.

Berikut adalah ke-30 kuliner khas Indonesia pilihan Kelompok Kerja buatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang terdiri dari para praktisi dan pakar kuliner (dikutip dari sini):

1. Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta
2. Gado-gado Jakarta
3. Nasi Goreng Kampung
4. Serabi Bandung
5. Sarikayo Minangkabau

6. Es Dawet Ayu Banjarnegara
7. Urap Sayuran Jogjakarta
8. Sayur Nangka Kapau
9. Lunpia Semarang
10. Nagasari Jogjakarta
11. Kue Lumpur Jakarta
12. Soto Ayam Lamongan
13. Rawon Surabaya
14. Asinan Jakarta
15. Sate Ayam Madura
16. Sate Maranggi Purwakarta
17. Klappertaart Manado
18. Tahu Telur Surabaya
19. Sate Lilit Bali
20. Rendang Padang
21. Orak-arik Buncis Solo
22. Pindang Patin Palembang
23. Asam Padeh Tongkol Padang
24. Nasi Liwet Solo
25. Es Bir Pletok Jakarta
26. Kolak Pisang Ubi Bandung
27. Ayam Goreng Lengkuas Bandung
28. Laksa Bogor
29. Kunyit Asam Solo
30. Nasi Tumpeng


Nasi Kuning Modal Bikin Nasi Tumpeng ^^!

Kalo gitu, nanti kalo ada tamu bukan orang Indonesia yang mampir di Warteg Gaziantep, kang Warteg mau coba masakin salah satunya deh yang bumbunya bisa didapat disini. Tapi kira-kira bakal doyan ga ya?

Semoga besok-besok, bakal ada juga yang namanya kelompok kerja untuk produk makanan unggulan Indonesia kayak kopi atau coklat, mungkin? Bukan apa-apa, saya suka keki sama orang lokal yang berasa negaranya punya kopi enak atau teh enak. Dia belum tau aje kalo Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar dunia (lihat disini). Dan negara mbah Ataturk ini ga termasuk, weee! (Edisi sewot!) Dan kopi Indonesia adalah kopi terbaik di dunia walau baru jadi produsen nomor tiga dunia (kata disini).

Yah, cukuplah saya sewot disini aja. Yang pasti, sebagai warga negara Indonesia saya masih bangga sama negara saya walau keadaannya sekarang carut-marut dan morat-marit diterjang korupsi. Disuruh jualan Sate Ayam Madura demi mempopulerkan salah satu kuliner khas Indonesia pun saya mau, asal dimodalin ye, hehe.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...