Wednesday, December 19, 2012

Musim Aşure

Bulan Muharram kemaren, seperti biasa, masyarakat Turki disibukkan dengan tradisi membuat aşure. Aşure ini adalah hidangan seperti kolak yang berisi aneka kacang dan diberi gula serta pekmez. Biasanya dibuat setelah tanggal 10 Muharram sampai bulan Muharram usai.

Setiap keluarga yang membuat aşure takkan lupa untuk membagikan semangkok (kadang sebaskom) aşure ke tetangga kanan kiri, atas bawah. Jadi bisa setiap hari kami kebagian jatah aşure dari tetangga plus aşure buatan bumer.

Aşure Buatan Bumer 

Mabok aşure dong? Engga juga. Biasanya yang kebagian jatah aşure dari tetangga adalah bumer dan kalo
aşure yang diterima rasanya sedap bin lezat, beliau tak lupa memberikan kami semangkok dua mangkok. Si aşure ini rasanya beneran mirip kolak jadi rasa kangen kolak bisa sedikit terobati dengan aşure. Dalam keadaan dingin, si aşure akan mengental dan bertekstur seperti pudding makanya nama lain si aşure ini adalah Noah's Pudding (Puding Nabi Nuh).

Aşure buatan bumer termasuk yang simpel dan ga aneh-aneh, maksudnya, bumer cuma pake kacang-kacangan tanpa buah kering seperti kebanyakan aşure. Sebagai penambah rasa, bumer pake pekmez jadi ada rasa gurih anggur dan ga cuma manis lempeng gula. Pas disajikan, ditaburi wijen, kacang walnut cincang dan kacang pistachio. Hmmm, sedapnya bauuuu :)

Mau lihat cerita tentang aşure, cek wikipedia.
Kayak apa cara bikin aşure? Kesini deh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...