Sunday, April 14, 2013

JALAN-JALAN #3: Melihat Tulip, Daffodil, dan Hyacinth

Masih dalam rangka musim semi, saya sengaja menulis tentang bunga-bunga ini: Tulip, Daffodil, dan Hyacinth. Tiga bunga ini, selain mawar, selalu ada di Botanik Park sebuah taman bunga yang tidak sebesar taman bunga Cibodas atau Cipanas tapi lokasinya di tengah kota dan mudah dicapai sehingga banyak orang berkunjung dan menikmati aneka flora yang ada disitu.

Tidak cuma di Botanik Park. Jika sedang musimnya, ketiga bunga ini bisa dilihat di semua taman kota yang ada di Gaziantep. Kehadiran mereka membuat orang betah berlama-lama berada di taman sekedar duduk ngobrol atau minum teh.

Tulip
Dalam bahasa Turki disebut Lale. Bunga ini adalah kebanggaan bangsa Turki. Salah kalau kita masih beranggapan Tulip berasal dari Belanda karena aslinya Tulip berasal dari Turki. Hanya saja orang Eropa membawa bunga ini ke Eropa setelah melihatnya di Kekaisaran Ottoman. Jika musim Tulip tiba, taman-taman akan dihiasi aneka jenis Tulip. Di Istanbul, Emirgan Park adalah tempat yang tepat untuk melihat bunga Tulip mekar. Emirgan Park yang luasnya mencapai 470.000 meter persegi terletak di daerah Sarıyer. Sementara di Gaziantep, kita bisa menikmati mekarnya bunga Tulip di Botanik Park.




Daffodil
Orang Turki menyebutnya Nergis. Narcissus adalah nama lain bunga ini. Warnanya biasanya kuning, putih atau oranye atau kombinasi diantaranya. Jika bunga ini mekar, itu pertanda musim semi sudah tiba. Biasanya ditanam di musim gugur supaya bisa mekar di akhir musim dingin atau awal musim semi. Banyak orang menanam daffodil dalam jumlah banyak karena bunga ini cantik dijadikan bunga potong untuk menghias ruangan.


Daffodils,

That come before the swallow dares, and take
The winds of March with beauty.
–William Shakespeare, The Winter's Tale





Hyacinth
Sejenis bakung. Di Turki disebut Sümbül. Di Botanik Park Gaziantep, Sümbül biasanya mekar lebih dulu. Setelah itu Daffodil atau Nergis dan terakhir Tulip atau Lale. Hyacinth adalah tanaman asli daerah mediterania (termasuk Turki). Hyacinth tumbuh dari umbi dan biasanya beracun. Jika kita akan menanam hyacinth disarankan memakai sarung tangan untuk mencegah iritasi kulit.




Sumber tulisan: Almanac dan Wikipedia.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...