Thursday, May 2, 2013

E Numbers: Arti Kode E pada Kemasan Makanan

Kemaren itu si Baba membeli bumbu ayam instan buat ngebumbuin ayam untuk kebap. Sebungkus besar itu bisa untuk berkali-kali masak karena sekali masak hanya butuh 2 sendok makan saja. Tapi ketika saya berniat memakainya untuk ngebumbuin ayam untuk digoreng, saya menemukan kode E621 di daftar makanannya. Apa itu E621?

 


E621 ternyata adalah kode
untuk MSG alias monosodium glutamate alias penambah rasa alias mecin. Bukan saya sok sehat tapi sejak saya tinggal di Antep, saya mulai belajar meninggalkan si MSG karena agak sulit menemukan MSG dalam bentuk seperti yang banyak dijual di İndonesia. Bumbu yang saya pakai dirumah pun hanyalah garam, gula dan merica. Tapi MSG ini bisa dijumpai di makanan dalam kemasan seperti makanan ringan dan bahkan bumbu ayam.

Agak kaget juga waktu saya menemukan kode ini karena kalau saya ga waspada dan ga peduli, mungkin saya juga memberikan MSG itu pada anak-anak saya. Sebisa mungkin, sebagai orang tua, saya maunya memberikan yang terbaik untuk anak-anak, termasuk makanan yang sehat dan berkualitas bagus.
Kenapa si MSG itu ditulis dalam bentuk kode E seperti itu?
E Numbers adalah kode untuk bahan kimia yang digunakan sebagai bahan makanan tambahan yang digunakan secara luas di Eropa dan Uni Eropa. Wikipedia punya daftar lengkapnya. Tapi yang pasti ada beberapa golongan sebagai berikut:




Di facts are facts, saya menemukan beberapa kode E yang berbahaya untuk anak-anak sebagai berikut:



Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. Lucu juga nama blog nya :D
    Oh E pada Kemasan Makanan ada artinya juga toh. Makasih informasinya...

    ReplyDelete
  2. wah...terima kasih banyak postingannya membantu sekali ^_^b

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...