Tuesday, April 30, 2013

Bunga Purple Heart

Sekali-sekali ngobrolin bunga, yuk.
Sebenarnya saya bukan tipe manusia yang suka menanam bunga. Saya lebih suka menanam sayuran atau buah-buahan karena penasaran pengen lihat berbuah atau tidak. Tapi kalo ada yang ngasih pohon bunga apalagi yang perawatannya mudah, boleh juga ya ditanam di rumah.




Nah, si bunga purple heart yang bernama keren Tradescantia pallida ini adalah pemberian sesama gelin di
Antep. Waktu itu dia cuma kasih sebatang dan saya simpan di botol berisi air sampai keluar akarnya. Kalo akar sudah keluar baru saya pindah ke tanah di pot.

Tadinya saya letakkan dia di balkon yang sebagiannya tertutup pagar pembatas jadi sinar matahari yang masuk tidak maksimal. Akhirnya, saya pindahkan ke tepian jendela di ruang tamu dimana sinar matahari bebas masuk lewat jendela yang lebar. Jadilah si tepian jendela itu kebun mini saya tempat saya meletakkan pot-pot ala kadarnya dengan tanaman yang ala kadarnya juga sesuai selera pemilik.

Bunga purple heart berasal dari daerah Meksiko. Biasanya bunga ini ditanam sebagai penutup tanah dan sebagai pembatas serta ditanam di pot gantung. Bunga ini menyukai tanah yang lembab dan sinar matahari yang berlimpah walaupun bisa juga diletakkan di tempat yang kurang sinar matahari. Walau butuh banyak air, dia juga sangat toleran terhadap kekeringan. Namun tanaman ini tidak bisa bertahan di musim dingin. Jika musim dingin tiba, sebaiknya tanaman ini diletakkan di dalam ruangan.

Musim dingin kemarin, si purple heart tetap saya tempatkan di tepian jendela dan ternyata dia tidak mau berbunga.

Sumber: HGTV dan Wikipedia

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...