Sunday, June 30, 2013

JALAN-JALAN #14: Mari Memetik Papatya

Bulan Mei adalah bulan yang tepat untuk memetik papatya (Camomile) karena ia berkhasiat untuk menurunkan demam dan meredakan flu. Di Antep, jika ingin memetik papatya, tidak perlu ke tempat khusus karena bunga ini tumbuh liar di padang rumput. Biasanya di kebun pistachio ada banyak papatya. Tapi kebun pistachio agak jauh jaraknya. Papatya yang baik adalah yang tumbuh di padang rumput tapi tidak di tepi jalan raya yang ramai supaya ia bersih dari paparan gas buang kendaraan.

Di Beykent, masih ada padang rumput yang luas yang biasa didatangi penggembala kambing dan kambing-kambingnya. Jadi, kami pun singgah untuk memetik papatya.





Jika sudah dipetik, papatya dicuci bersih, dikeringkan dan dijemur dengan cara meletakkan di atas nampan dan biarkan di udara terbuka hingga mengering. Barulah kemudian disimpan dan diseduh saat diperlukan.


Untuk segelas teh papatya, gunakan 5-6 kuntum papatya kering dan seduh dengan air panas. Biarkan sebentar, kemudian diminum. Rasa teh papatya memang sedikit pahit tapi tidak sepahit jamu :). Baik diminum dua kali sehari, pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...