Wednesday, July 31, 2013

Furniture dari Palet Kayu

Platform Bed dari Palet Kayu
Ceritanya kang warteg lagi mulai mengisi ruang tamu. Di Turki yang namanya ruang tamu itu disebut salon. Biasanya berupa sebuah ruangan yang lebih luas dari ruangan lainnya. Walau lebih luas dari ruangan lain, ruang tamu atau salon di apartemen kami tidaklah luas. Karena itu, kami tidak mau terburu-buru dalam menghias ruang tamu. Apalagi furnitur di Turki (baca: Antep) cenderung berukuran besar. Satu set kursi tamu, misalnya, terdiri atas 1 sofa 3 dudukan, 1 sofa 2 dudukan dan 2 sofa 1 dudukan. Dan semuanya berukuran besar karena judulnya sofa. Jadi, jika kami memaksa membeli perabot seperti itu, insya Alloh ruang tamu langsung penuh dan anak-anak ga akan bisa lagi lari kesana kemari.

Apa perabot yang lebih ringan ga ada? Ada. Beberapa kursi tamu yang terbuat dari bahan sintetis memang
dijual di beberapa toko furnitur tapi suami ga suka. Susah juga deh.

Suatu hari kami melihat dipan yang dialas matras dan bantal-bantal di sebuah ruang baca di asrama milik Bülbülzade Vakfı. Tanya-tanya sama petugas yang ada disitu, kami pun mendapatkan info dimana bisa memperoleh dipan seperti itu. Bahkan kami bisa memesan sesuai model yang kami inginkan. Langsung deh, heboh cari desain dipan yang cocok.

Subhanalloh.
Maksud hati mencari desain dipan, yang ketemu malah cara membuat furnitur dari palet kayu. Palet kayu itu adalah kayu yang digunakan untuk mengemas saat pengiriman barang. Di Antep, dekat rumah kami, alhamdulillah, ada tempat yang jual palet kayu ini. Mereka menjual beberapa ukuran dan harga (yang lebih terjangkau daripada membeli perabot baru). Untuk lebih jelas tentang ukuran palet, bisa dilihat disini.

Jadi, kang warteg bikin apaan aja?
Jadi, akhirnya, untuk ruang tamu, kami membeli 6 buah palet dan atasnya diberi matras khas Antep yang biasa disebut minder. Dan untuk di kamar tidur, karena kami sengaja belum juga membeli tempat tidur, kami membeli 4 buah palet untuk dijadikan platform bed. Alhamdulillah.


Sofa Bed dari Palet Kayu

Berapa uang yang kami habiskan untuk furnitur dari palet kayu tersebut? Harga satu palet kayu yang kami beli adalah 9TL jadi untuk 10 palet kayu kami menghabiskan 90TL dan sekitar 40TL untuk membeli cat pelindung kayu. Jauh lebih murah dari harga furnitur biasanya. Horeee!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...