Saturday, August 17, 2013

Cara Mudah Membuat Keju

Sudah lama saya mengintip resep cara membuat keju di wikihow. Tapi ga dieksekusi juga. Sampai kemaren pas beli susu kemasan dan masih sisa, saya cobalah membuat keju sederhana itu. Caranya tidak terlalu sulit dan rasanya pun enak. Itu menurut si Baba, loh ya ^^!



Jadi, kalau nanti kehabisan keju lagi, sudah ga galau lagi deh.

Cara Mudah Membuat Keju

(dari Wikihow)
Bahan:
2 cup susu kemasan/susu uht
4 sdt air jeruk lemon
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Didihkan susu.
2. Matikan api kompor tapi biarkan panci susu di atas kompor. Tambahkan air jeruk lemon. Aduk rata. Biarkan selama kurleb 15 menit.
3. Pindahkan ke wadah yang sudah dilapisi cheeseclothes. Saya menggunakan kotak susu yang saya potong bagian atasnya dan menjepit cheesecothes dengan jepit jemuran di mulut kotak susu.
4. Biarkan sampai mengering. Saya akhirnya melubangi kotak susu karena air yang mengucur cukup banyak.
5. Jika ingin keju yang asin, beri garam dan kemudian aduk rata.
6. Keju dapat dicetak saat masih panas. Jika sudah dingin ia akan mengeras. Saya memilih membiarkan keju berbentuk bola karena tak punya cetakan yang bagus.
7. Jika sudah keras, simpan dalam kulkas.
8. Siap disantap.

2 comments:

  1. Terimakasih atas informasinya. saya kira selama ini tidak bisa menggunakan susu UHT.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...