Sunday, August 4, 2013

Puasa Tahun Ini

Gambar dari Royalty Free Stock Photo
Puasa tahun ini panjang sekali. Alhamdulillah jika puasa Ramadhan jatuh di musim panas maka kita harus sudah siap imsak jam tiga pagi dan bersabar menunggu buka jam delapan malam. Sehabis berbuka banyak orang yang menunggu waktu sahur tanpa tidur karena kalau magrib jam delapan maka isya jatuh pada jam sepuluh kurang. Sehingga bagi beberapa orang, daripada tidur kebablasan dan kehabisan waktu sahur, lebih baik menunggu sahur sambil ngeteh atau ngobrol bersama keluarga.

Belum lagi cuaca musim panas di Antep yang membara. Tidak semua muslim sanggup berpuasa. Tapi jika seorang muslim beriman kepada Alloh swt takkan ada satupun yang dapat menggoyahkan kekhusyuan beribadah, insya Alloh.

Buat saya pribadi, ini puasa kedua yang saya jalani. Untuk membiasakan diri berpuasa di hari yang panjang tahun ini, saya menyempatkan diri berpuasa sebelum Ramadhan tiba. Alhamdulillah rasanya tidak berbeda dengan
puasa pada umumnya: laper. Dan entah kenapa, puasa tahun ini saya ga terlalu heboh mencoba resep. Makanan yang sudah dimasak pun rasanya susah sekali untuk dihabiskan. Waktu memasak juga saya pindah ke malam, setelah berbuka puasa. Biasanya saya hanya menyiapkan makanan sahur buat saya pribadi karena suami sebagai orang Antep asli makan sahur seperti sarapan biasa: roti dan kawan-kawan. Sementara, saat berbuka, mayoritas orang Antep makan lengkap kayak orang kalap. Agak kurang cocok buat perut melayu, hehe.

Subhanalloh, Alloh mengatur puasa sedemikian rupa sehingga kita seringkali tidak merasakan bahwa kita sedang berpuasa. Jika kita membagi satu hari menjadi lima waktu sholat (enam dengan waktu dhuha) maka puasa tidak terlalu terasa berat, insya Alloh. Kita dapat menjalaninya per waktu, misalnya habis sholat subuh kita bisa membaca quran atau mungkin tidur lagi kalau tak kuat menahan kantuk. Bangun, sudah masuk waktu dhuha, kita bisa dhuha dulu. Badan yang segar sehabis tidur dan dhuha, siap melakukan aktifitas atau ibadah lain hingga dzuhur tiba. Selepas dzuhur, sebagian orang memilih tidur siang hingga ashar. Tapi jangan lupa untuk menyempatkan diri membaca alquran. Sehabis ashar, biasanya ibu-ibu disibukkan dengan kegiatan menyiapkan sajian berbuka puasa. Dan tak lama pun adzan magrib berkumandang. Alhamdulillah, selesai sudah puasa kita dalam sehari. Lepas magrib, kita biasanya sibuk "balas dendam" makan sepuasnya. Tapi sebaiknya berhenti makan sebelum kenyang karena perut kita tidak mungkin diisi penuh setelah seharian berpuasa. Sehabis Isya, tak lupa kita menunaikan sholat tarawih. Dan kemudian beristirahat menunggu waktu sahur tiba.

Sebagai pengingat, berikut saya sampaikan amalan-amalan super di bulan Ramadhan yang dikutip dari pengajian di skype bersama ustad Jamaluddin Junaidi Lc.

Amalan-Amalan Super di Bulan Ramadhan:
1. Berpuasa dengan sebenar-benar puasa: tidak makan dan minum, tidak berhubungan suami istri, tidak ghibah, tidak melakukan hal-hal yang tidak berguna dan menodai puasa.

2. Membaca quran sebanyak-banyaknya, kalau bisa hingga khatam.

3. Shalat tarawih.

4. Memperbanyak sedekah dengan menyediakan sajian berbuka untuk orang-orang yang berpuasa.

5. I'tikaf di masjid.

Semoga Alloh menerima amal ibadah dan puasa Ramadhan kita. Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...