Saturday, September 21, 2013

Apple Crumble

Kemaren di rumah ada banyak sekali apel. Tapi saya ga mau bikin pie. Kali ini pengen coba apple crumble. Kayak apa sih, kok kayak yang enak gitu ya? Memang enak! Saking enaknya, saya lihat kakak ipar saya yang picky eater itu nambah. Hihihi.

Apple crumble disebut juga apple crisp adalah hidangan penutup berupa apel panggang yang diberi lapisan kulit yang garing. Tapi kulitnya ini cukup berupa adonan terigu dengan tekstur berpasir dan si kulit ga mesti dari tepung terigu. Ada banyak pilihan dari terigu sampai oat. Karena baru pertama kali coba, kang warteg buat yang sederhana aja dulu, deh. Si kulit dan bagian tengah apel yang banyak itu bisa dikumpulin dan dibuat cuka apel.




Apple Crumble

(adaptasi dari foodnoveau)
Bahan:
Atas
1 1/2 cup terigu serba guna
1/2 cup gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt allspice
1/3 cup minyak

Bawah
8 buah apel, kupas, potong kotak kecil
1/4 cup gula pasir
1 sdt kayumanis bubuk




Cara membuat:
1. Campur semua bahan atas hingga rata. Tekstur adonan adalah kering berpasir.
2. Aduk potongan apel dengan gula pasir dan kayu manis.
3. Tata campuran apel di loyang (atau bisa juga cup ramekin) kemudian tutup dengan campuran terigu. Anda dapat juga menutup dasar loyang dengan campuran terigu, kemudian apel, dan terakhir ditutup kembali dengan terigu.
4. Panggang dalam oven dengan suhu 170 der C selama 40-50 menit. Saya memanggang lebih lama karena ingin apel yang benar-benar empuk.
5. Sajikan hangat.


4 comments:

  1. hehe... pas mampir ke rumah dulu, kan daku bikin ini. tp waktu itu daku sotoy, pake lemon zest segala. jadi rasanya malah ancur... mau modif malah jd ancur huhu... maaf ye...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah hehehe waktu itu belum kenal nama ini kok jadi dimakan aja kalo disuguhin :D

      dan aku suka bau lemonnya. sueger buangettt. haruuum. ^^

      Delete
  2. hehehe... syukurlah... dan aku kasih taunya pake nama jermannya, apfelstreussel. kalo pas lg sukses bikinnya, emang enyaak banget rasanya.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...