Thursday, July 18, 2013

Membuat Cuka Apel (Elma Sirkesi)

Saya mengenal cuka apel sejak pindah ke Antep. Sebelumnya cuka yang saya kenal adalah cuka yang botolnya putih dan sering saya lihat di dapur ibu saya. Tapi saya ga pernah tahu past untuk apa saja si cuka itu. Di Antep, cuka apel dan cuka anggur adalah cuka serbaguna sahabat emak-emak. Apa saja kegunaan cuka apel dan cuka anggur?

1. Sebagai campuran pembersih lantai. Karena cuka bersifat sebagai disinfektan, ia dapat dicampur dengan air untuk cairan pembersih lantai.
2. Sebagai campuran cairan pembersih jendela.
3. Sebagai campuran pembersih buah dan sayur.
4. Sebagai bahan pembuat shampoo rumahan.
5. Sebagai bahan perendam saat membuat tursu atau acar.
6. Sebagai penurun demam pada anak.
7. Sebagai pengganti cuka masak untuk membuat saus cuko dlsb.

Karena serba guna itulah sirke di rumah kami sering habis. Harga sirke atau cuka di Antep lumayan mahal. Kalau mau yang murah, ada juga tapi kualitasnya mungkin tidak terlalu baik. Jika untuk campuran pembersih mungkin tidak jadi masalah. Tapi jika untuk masak, lebih baik cari yang kualitasnya baik.

Nah, daripada kehabisan sirke melulu, saya coba deh membuat sendiri cuka apel. Ternyata ada banyak cara membuat cuka apel dan caranya tidak terlalu sulit.

Kanan: Cuka Anggur Buatan Pabrik
Kiri: Cuka Apel Buatan Warteg Gaziantep


Cuka Apel
(adaptasi dari Asonoma Garden)
Bahan:
Kulit dan bagian tengah apel yang biasanya kita buang (Jumlahnya bebas)
Air secukupnya
1/4 cup gula pasir

Calon Cuka Apel yang Sudah Disaring dan Akan "Istirahat" 6 Minggu

Cara membuat:
1. Rendam kulit dan bagian tengah apel dalam air dan gula dalam wadah. Usahakan untuk menggunakan kulit apel yang organik atau yang langsung dari pohon supaya hasil cukanya bagus.
2. Tutup dengan piring supaya semua kulit terendam sempurna.
3. Tutup wadah dengan serbet supaya tidak mengundang lalat.
4. Biarkan seminggu (saya seminggu lebih). Jika ada jamur yang muncul, tak perlu kuatir. Ambil dengan sendok dan buang jamur dan teruskan merendam.
5. Setelah seminggu, warna cairan agak kuning. Saring dan pindahkan ke dalam toples (saya pakai toples plastik). Jika menggunakan toples dengan tutup dari metal, lapisi dengan cheeseclothes supaya tidak menimbulkan karat.
6. Biarkan calon cuka apel selama 6 minggu. Warna cuka akan berubah menjadi lebih gelap.
7. Cuka apel siap digunakan.

1 comment:

  1. Kami produsen cuka apel dari pasuruan JATIM silahkan pesan >>>TELP. 085649718999 PIN BB 52939E67 *jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...