Sunday, October 13, 2013

Atopic Dermatitis

Kulit anda kering dan mudah gatal tanpa kenal waktu? Bahkan gatalnya bisa dimana saja dan kapan saja suka-suka si gatal? Habis itu kulit menjadi merah, iritasi dan buruk rupa? Sama! Selamat cuy, kita berdua menderita atopic dermatitis.



Dari Royalty Free Stock Photos


Apaan tuh?
Atopic dermatitis itu adalah gangguan kulit seperti alergi. Rasanya gatal dan jika digaruk membuat kulit

merah, lecet, kemudian kulit terasa panas, membengkak dan perih serta meninggalkan bekas yang tidak cakep walau lama-lama akan hilang sendiri plus gatalnya datang lagi.

Penyebabnya?
Tidak diketahui. Yang pasti ada urusannya sama faktor genetik. Saya, misalnya, punya paman dan sepupu yang mengidap asma walau saya sendiri tidak. Jadi si alerginya turun dan berkembang di keluarga. Plus saya baru ingat kalo saya pernah didiagnosa alergi rhinitis. Jadi, ya emang bakat alergi aja gitu. 

Kapan terjadinya?
Ga kenal waktu. Ga siang ga malam. Ga summer ga winter. Tapi jika saya perhatikan dan menyesuaikan dengan apa yang diinformasikan oleh wikipedia, gatal hebat menyerang di kala kulit dalam keadaan kering. Biasanya sehabis mandi dan menjelang tidur malam. Apalagi Antep adalah kota dengan tingkat kelembaban yang sangat rendah. Kulit kering makin menjadi.

Bagian yang sering diserang gatal?
Tangan bagian atas, paha depan dan belakang ke arah pantat (maaf), punggung, dan kaki. Terkadang bisa terjadi gatal di beberapa titik sekaligus menjelang tidur.

Penanggulangan dan pencegahan?
Usahakan supaya kulit tidak kering dengan mengoleskan krim pelembab dan itu yang saya sering lupa. Kata dokter Virda gunakan krim yang mengandung hidrocortisone. Ia berfungsi m
enekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti: eksema, dermatitis alergi, dermatitis seboreik, intertrigo, ruam "popok" pada bayi, pruritus yang tidak dapat diatasi dengan cara lain. Tapi ia mempunyai efek samping. Pada penderita yang sensitif dapat timbul reaksi seperti: rasa terbakar, gatal, kekeringan, atropi kulit serta infeksi sekunder. 


Jadi bagaimana?
Jadi, kalau diserang gatal ya garuk tapi jangan terlalu semangat karena kulit yang teriritasi dapat terkena bakteri dan memperparah alerginya. Tapi, sebelum gatal, usahakan untuk menjaga kulit tetap lembab dengan mengoleskan krim pelembab secara teratur. Hmm, harus beli krim pelembab ekstra kalau begitu yaaa...

Sumber:
Wikipedia
Dechacare

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...