Tuesday, October 1, 2013

Lontong Kari

Lebaran kemaren, saya sempatkan membuat lontong kari. Paling ga, biar berasa lebaran, ada lontong dan kari ayam, hehe. Karinya pake kari bubuk (köri) yang banyak dijual di supermarket. Biasanya, kalo ga ada ayam, saya suka pake ikan yang dagingnya banyak, seperti çipura atau levrek. Jika menggunakan ikan, bumbui dulu ikan dengan bumbu kari lalu goreng dengan sedikit minyak baru kemudian disatukan dengan kari.

Lumayan laaah.




Lontong Kari
Bahan:
Ayam (biasanya saya pakai 10 potong bagian sayap)
1 buah bawang bombay, cincang halus
1 buah bawang merah
3 siung bawang putih, parut
1 sdm kari bubuk (saya gunakan merek bağdat, untuk Turki dsk)
1 sdt  jahe bubuk
1 sdt kunyit bubuk
3 butir cengkeh
2 sdt cabe bubuk
1 sdt merica bubuk
2 lembar daun salam kering
2 lembar daun jeruk
1 liter air
1/2 liter susu (bisa diganti santan atau dilewat)
Garam
Gula

Cara membuat:
1. Tumis bawang dan bumbu bubuk hingga harum.
2. Masukkan ayam, masak hingga ayam kaku.
3. Tuangkan air dan susu. Kadang saya hanya pakai air saja.
4. Beri garam, gula dan merica.
5. Masak hingga matang.
6. Sajikan bersama nasi atau lontong.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...