Thursday, February 27, 2014

5 Kesalahan Saat Berbelanja

Ternyata belanja juga ada salah dan benarnya. Ternyata belanja ya ga cuma belanja. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mudah-mudahan setelah baca artikel ini, saya tidak mengulang kesalahan yang sama. Aamiin.

dari Royalty Free Stock Photo


5 Kesalahan Saat Berbelanja

1. Belanja Seminggu Sekali
Kenapa salah?
Belanja semiggu sekali itu membuat kita cenderung memilih bahan makanan yang tahan lama. Setidaknya kita memilih bahan makanan yang tahan disimpan sampai satu minggu. Makanan yang tahan lama itu adalah makanan yang sudah diproses sedemikian rupa alias makanan instan dalam kemasan.

Sering tuh saya merasa berbuat mubazir karena belanjaan saya cepat busuk atau basi karena mereka ga kuat disimpan seminggu. Jadi, sebaiknya, pergilah belanja sesering mungkin dan belilah bahan makanan yang masih segar dan bergizi sehingga kita hanya perlu belanja sedikit sesuai kebutuhan. Aman di kantong; aman di perut.

2. Belanja Tanpa Rencana
Banyak orang membuat daftar belanja saat berbelanja tapi barang belanjaannya itu ternyata tidak bisa dikonsumsi juga setibanya di rumah. Kita sudah beli A B dan C tapi begitu sampai di rumah, kita bingung mau makan apa. Sementara si sayur atau bahan makanan yang sudah kita beli hanya disimpan saja tidak diolah. Jadi, sebelum berbelanja, pastikan dulu apa yang akan kita masak. Malah kalau perlu satu bahan bisa dimasak menjadi dua jenis masakan, misal sekilo wortel bisa jadi isi sup ayam, campuran bakwan atau teman steak. Malah jadi hemat, deh.

3. Belanja Dengan Perut Terlalu Kenyang
Belanja dengan perut kosong, salah. Belanja dengan perut terlalu kenyang juga salah. Sebaiknya kondisi perut tidak terlalu lapar atau tidak terlalu kenyang. Terlalu lapar membuat kita membeli segala makanan yang cepat bisa dimakan dan terlalu kenyang membuat kita tidak ingin membeli makanan dan malah membeli tisu dan sebagainya. Akhirnya, ketika kita lapar, tidak ada makanan dan kita makan makanan instan lagi, deh.

4. Membeli Makanan Instan yang Sehat
Ada kalanya kita tertipu oleh makanan-makanan siap saji dalam kemasan dengan tulisan "natural" atau "organik" atau "bebas gluten". Padahal tetap saja makanan-makanan yang diproses itu mengandung bahan-bahan yang tidak alami lagi. Apapun yang terjadi tetaplah membeli makanan atau bahan makanan segar yang terlihat bentuk aslinya demi kesehatan kita dan keluarga.

5. Tidak Mengetahui Waktu Re-stock
Kunci dalam belanja bahan makanan segar adalah mengetahui kapan toko atau supermarket langganan kita mengganti stok barang. Dengan mengetahui kapan buah, sayur, telor dan daging distok ulang di toko tersebut kita bisa mendapatkan bahan makanan yang masih segar dan berkualitas baik. Untuk daerah Antep, supermarket Çetinkaya biasanya menyetok ulang buah dan sayur mereka di hari Senin. Jadi, jika belanja di hari Senin, saya bisa memilih sayur dan buah yang masih segar dan baru.

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan di atas, belanja akan lebih menyenangkan dan efektif. Kita dapat memastikan bahwa bahan makanan yang kita beli adalah bahan makanan segar berkualitas dan bukan makanan jadi instan yang ternyata berbahaya untuk kesehatan kita.

Jadi, jangan lupa ingatlah pesan dari orang-orang tua jaman dulu: teliti sebelum membeli. Selamat berbelanja.

Diadaptasi dari huffington post.





No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...