Friday, June 6, 2014

NGAJİ di WARTEG: Rahmah El Yunusiyah



Assalamualaikum.

Banyak di antara kita yang belum tahu siapa Rahmah El Yunusiyah. Padahal beliau mempunyai jasa yang teramat besar bagi perkembangan dakwah İslam di tanah air dan khususnya bagi perempuan. Seperti apa sepak terjang beliau. Berikut petikannya:

Di antara para pahlawan Nasional, terdapat sederet nama-nama wanita dari berbagai daerah dan beragam cara berjuangnya. Kalau Cut Nyak Dien dan Keumalahayati berjuang dengan mengangkat senjata tanpa mendirikan sekolah, sementara Dewi Sartika berjuang dengan mendirikan sekolah tanpa mengangkat senjata. Tapi selain mereka, lihatlah Rahmah El Yunusiyah, yang berjuang dengan mendirikan sekolah sekaligus mengangkat senjata. Dan ia pertaruhkan seluruh jiwa raganya demi agama. Jilbabnya yang panjang nan lebar melebihi dada selalu dikenakannya, memperlihatkan didikan dan penanaman agama yang sangat kuat pada dirinya.

“Kalau saya tidak mulai dari sekarang, maka kaum saya akan tetap terbelakang. Saya harus mulai, dan saya yakin akan banyak pengorbanan dituntut dari diri saya”, kata Rahmah El Yunusiyah suatu hari bertekad.

Penasaran? Silakan baca tulisan Sarah Mantovani selengkapnya.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...