Sunday, June 1, 2014

Ngetes Resep Choco Chip Cookies dari Epicurious


Assalamualaikum.

Ada aja yang bikin kepo pengen cobain resep. Kali ini choco chip dari Epicurious. Dia punya banyak resep kukis dan saya coba yang paling gampang sedunia. Mumpung mendung dan pengen ngemil, Ali Osman juga mau bantu ibu megangin mikser, mari kita manggang kukis.

Ada beberapa modifikasi, seperti biasa, karena keterbatasan.

Pertama, saya pake gula halus padahal resepnya pake gula palem. Kedua, saya pake coklat keping dari susu; harusnya semi sweet atau bitter. Alamat kukis saya manis bingiitss plus yang buat juga manis. #uhuks. Ketiga, takar adonan pakai sendok teh jadi dia mini-mini manis gitu; saya malah ngikutin komen yang menganjurkan pake pencetak buah (melon baller). Akhirnya kukis saya tidak mini lagi dan teksturnya agak empuk di tengah. #sesat!

Walaupun demikian, rasanya enyaaak! Beda tipis lah sama kukis keluaran Arnott yang biasa saya beli di Jakarta dulu. Kalo rajin, mungkin saya akan buat kukis ini lagi untuk lebaran. Tapi ga janji lah yaw!



Chocolate Chip Cookies

(adaptasi dari Epicurious)
Bahan:
10 sdm mentega, haluskan
2/3 cup gula halus
1 telor
1 cup terigu serbaguna
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
1 1/4 cup semisweet chocolate chips

Cara membuat:
1. Panaskan oven dengan suhu 200 der C.
2. Campur mentega, gula, garam, baking soda dan aduk dengan mikser sampai lembut.
3. Tambahkan telor, aduk rata.
4. Tambahkan terigu, aduk hingga tercampur sempurna.
5. Masukkan coklat keping. Aduk.
6. Ambil adonan 1/2 sdt (atau sesuai selera) dan tata di loyang yang sudah dialas baking paper. Beri jarak antara adonan.
7. Panggang selama 6-7 menit.
8. Dinginkan dan kukis akan mengeras.
9. Sajikan atau simpan dalam wadah tertutup.

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...