Sunday, July 6, 2014

Bolu Kukus (Nyaris Ngakak)



Assalamualaikum.

Kenapa bolu kukusnya pake nyaris ngakak segala? Begini ceritanya, dandang yang saya punya di rumah adalah dandang jadi-jadian yang tidak terlalu tinggi. Dan saya tidak mengantisipasi hal itu. Cetakan bolkus saya isi penuh sehingga adonan mengembang hingga menabrak si kain pelapis tutup "dandang". Dan ini bukan kali pertama seperti ini. Yah, namanya juga manusia, gudangnya khilaf dan lupa.

Tapi si resep ini beneran bisa menghasilkan bolu kukus ngakak alias mekar tanpa penggunaan bahan-bahan aneh. Tidak pakai ovalet, emulsifier, air soda, baking powder, baking soda dan lain sebagainya tapi tetap bisa mekar. Kalau tidak percaya, silakan dicoba.

Jangan lupa, pastikan tinggi dandang di rumah. Cetakan bolkus harus tetap diisi penuh supaya bolkus bisa mengembang dan pecah sehingga ngakak di atas. Kalau tidak diisi penuh, bisa jadi bolkus tidak mengembang sempurna. Mau yang ngembang ngakak atau yang biasa saja? Terserah Anda. :)

Bolu Kukus
(dari Brunch To Lunch)
Bahan:
2 butir telor
1 kuning telor
250 g gula pasir
250 g terigu
125 ml susu cair
Pasta pandan/coklat bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok telor dan gula hingga kental, agak berat dan berjejak (gunakan mikser dengan kecepatan tinggi selama 20 menit).
2. Turunkan kecepatan ke kecepatan terendah, masukkan terigu dan gula bergantian.
3. Bagi dua adonan, beri pasta pandan atau coklat bubuk salah satunya.
4. Isi cetakan bolkus yang sudah diberi kertas roti/paper cup dengan kedua adonan. Pastikan ukuran tinggi dandang memadai untuk adonan yang akan mengembang.
5. Panaskan dandang. Bungkus tutupnya dengan serbet supaya bisa menyerap uap air sehingga uap itu tidak jatuh di adonan bolkus.
6. Kukus selama 25-30 menit (pada kukusan kedua, saya hanya perlu sekitar 15-20 menit). Jangan buka tutup dandang selama proses pengukusan. Jika ingin tahu sejauh mana adonan menjulang, tes dengan mengukus satu cetakan bolkus.



posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...