Thursday, July 24, 2014

Roti Tawar Tanpa Diuleni

Assalamualaikum.

Biasanya roti yang ada di rumah itu adalah jenis roti ceper, lavaş, pita dan semacamnya. Dan roti-roti itu lebih sedap kalau dibuat dengan terigu putih tinggi protein. Dan terigu putih itu habis.

Gimana dong?

Saya hanya punya 200 g terigu putih dan banyak terigu bran (kepekli un). Harusnya saya buat roti tawar karena roti ceper tak terlalu enak kalau dibuat dari kepekli un. Awet ga ada yang makan.

Akhirnya bertemulah saya dengan resep roti tawar tanpa diuleni yang katanya sudah dicoba berkali-kali dengan berbagai jenis tepung. Saya tetap ga yakin si kepekli un akan bisa disulap jadi roti tawar yang enak. Jadi saya campurlah si kepekli un dengan si terigu putih sisa. Alhamdulillah berhasil tapi tidak sebagus roti tawar dari terigu putih protein tinggi. Tidak mengapa. Yang penting di rumah ada roti!




Tak lama keluar dari oven, si roti sudah diminta si kembar. Tak lupa rotinya dioles selai coklat, ya bu. #eeaaa

Roti Tawar Tanpa Diuleni
(dari five euro food)
Bahan:
400g terigu (saya pakai setengah terigu putih, setengah kepekli un)
300ml air hangat (saya pakai susu)
8g ragi kering
3 sdt gula
1 sdt garam




Cara membuat:
1. Campur susu hangat (50 ml) bersama ragi untuk mengaktifkan raginya.
2. Campur semua bahan kering.
3. Tuang cairan ragi dan sisa susu ke dalam bahan kering. Aduk rata hingga menjadi sebuah adonan bulat.
4. Simpan adonan di wadah tertutup serbet di tempat yang hangat selama satu jam (hingga mengembang dua kali lipat).
5. Keluarkan dan kempiskan adonan serta bentuk sesuai loyang roti yang dipakai. Sayat bagian atasnya.
6. Diamkan lagi selama 30 menit.
7. Panaskan oven suhu 230°C. Panggang roti selama 25-30 menit.


posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...