Sunday, November 30, 2014

Butter Cookies, Lagi



Assalamualaikum.

Setelah sukses dengan Choco Chips Cookies dari Betty Crocker, saya jadi manggang kukis lagi karena kukis si Betty sudah habis. Laku keras, laris manis. Tapi, kali ini kukisnya biasa aja karena bahannya seadanya. Mau dibuat macem-macem pun sedang tak bergairah, halah. Maunya drop cookies aja tapi ga lucu ah, udah bahannya simpel masa bentuknya ikut-ikut simpel.

Jadi, si butter cookies dari allrecipes (saya buat dua kali resep sekaligus) ini harus disimpan dulu di lemari es selama satu jam supaya tidak terlalu mekar saat dipanggang. Karena sudah agak mengeras akibat disimpan di lemari es, saya ga bisa buat drop cookies. Jadilah si adonan kukis digilas di meja dan dicetak dengan cookie cutter andalan: bentuk bunga. Hehehe.

Dari segi rasa, saya lebih suka butter cookies yang dulu pernah saya buat dengan spuit. Tapi, buat anak-anak sih yang penting ada kukis di dapur, hehe.

Butter Cookies
(dari allrecipes)
Bahan:
250 g mentega (biarkan di dapur hingga lunak)
1,5 cup gula halus
2 telur
4 1/2 cup terigu
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1. Campur mentega dan gula, aduk rata. Gunakan mikser jika perlu tapi saya aduk manual dengan sendok biasa.
2. Tambahkan telur, aduk kembali hingga telur tercampur dengan baik.
3. Masukkan terigu dan garam, aduk hingga adonan menyatu.
4. Simpan di lemari es selama 1 jam.
5. Ambil sedikit adonan, gilas di meja kerja dan cetak dengan cookies cutter (atau dengan bantuan cookie press).
6. Panaskan oven suhu 200 der C.
7. Panggang adonan yang sudah dicetak selama 8-10 menit, hingga pinggiran kukis kecoklatan.
8. Angkat dan dinginkan kemudian simpan di wadah tertutup.


posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...