Tuesday, November 25, 2014

Roti Kepang Nutella



Assalamualaikum

Lagi-lagi mencoba resep nutella walau sebenernya ga pake nutella, hehe. Yang penting judulnya krim cokelat.

Jadi, ceritanya ada banyak resep menggunakan nutella (krim cokelat/selai cokelat) dan si roti ini salah satu yang cukup terkenal karena sudah banyak yang coba. Saya pun ikut-ikutan mencoba walau hasilnya masih kurang cantik, hehe. Agak sulit ternyata menjalin atau membuat kepang dari adonan dengan krim cokelat. Si adonan harus menghadap ke atas karena jika tidak, si cokelat akan melebar kemana-mana, seperti buatan saya.

Untuk isi, saya memakai dua isian. Yang satu nutella saja, yang satu lagi saya campur walnut cincang. Nah, selamat mencoba.

Roti Kepang Nutella

(dari Inspired by Charm)
Bahan:
1/2 sdt ragi instan
1 cup air hangat
2 1/2 cups terigu
1 teaspoon garam
1 tablespoon gula
1/2 cup Nutella suhu ruang
1 telur, dikocok, untuk olesan jika suka

Cara membuat:
1. Campur ragi dengan sedikit air dari air yang digunakan. Biarkan selama 5 menit.
2. Di wadah lain, campur terigu, garam dan gula. Masukkan campuran ragi dan sisa air yang ada. Kocok adonan dengan mikser dengan hook untuk roti (kecepatan sedang) (atau uleni secara manual hingga kalis elastis).
3. Simpan adonan di wadah yang diolesi minyak dan tutup dengan serbet atau cling wrap selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.
4. Di meja kerja yang sudah ditaburi tepung, gilas adonan dan buat adonan persegi panjang. Saya membagi dua adonan.
5. Olesi adonan dengan nutella (krim cokelat, beri sedikit ruang di tepian adonan. Gulung rapi. Iris adonan menjadi dua dengan menyisakan sedikit di ujung adonan yang tergulung. Jalin pelahan dengan posisi jalinan menghadap ke atas supaya krim cokelat tidak melebar kemana-mana. Kunci adonan di akhir jalinan.
6. Istirahatkan adonan selama 20 menit. Olesi dengan telur kocok.
7. Panggang selama 20 menit dalam suhu 180 der C, kemudian naikkan suhu ke 220 der C dan panggang adonan selama 5 menit. Awasi jangan sampai adonan terlalu gelap.
8. Angkat dan dinginkan sebelum disajikan.
posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...