Tuesday, December 9, 2014

Pound Cake



Assalamualaikum.

Tiba-tiba teringat masa kecil. Sependek ingatan saya, ibu saya termasuk yang senang membuat kue bolu. Lalu setelah adonan masuk oven, sisa adonan di gagang mikser dan wadah ramai-ramai dijilati anak-anak. Hayooo, siapa yang biasa menjilat sisa adonan? Kadang rasanya enak. Kadang aneh.

Jadilah hari itu saya ngubek-ngubek google cari resep kue bolu yang sederhana dan enak untuk sekedar bernostalgia. Alhamdulillah ketemu.

Si kue ini cuma butuh 30 menit waktu panggang. Hasilnya kue yang kuning cerah dan lembut. Udah kayak pelembut pakaian aja. Begitu dipotong, anak-anak menghabiskan setengah loyang. Omaygat!

Easy  Pound Cake
(setengah resep dari Food.Com)
Bahan:
3/4 cup gula
1/2 cup mentega, suhu ruang (115 g)
3 telor
1 sdt vanilla (ga pake)
1 1/2 cup terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 cup susu




Cara membuat:
1. Campur gula, mentega dan telor di dalam wadah. Gunakan mikser kecepatan rendah untuk menyatukan bahan kemudian naikkan kecepatan tinggi dan aduk selama 5 menit.
2. Turunkan kecepatan mikser ke rendah dan masukkan terigu, baking powder serta susu secara bergantian. Aduk setelah bahan masuk.
3. Panaskan oven suhu 180 der C.
4. Tuang adonan ke loyang (saya pakai loyang silikon 8cm) yang sudah dioles minyak.
5. Panggang selama 30-35 menit, cek dengan garpu atau tusuk gigi (waktu panggang bisa diperpanjang jika ingin bagian kulit yang lebih gelap).
6. Keluarkan dari oven, dinginkan sebentar, lepaskan kue dari loyang.
7. Sajikan.

posted from Bloggeroid
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...