Tuesday, January 13, 2015

Beberapa Aplikasi Android Teman Belajar Anak



Assalamulaikum.

Selain menggunakan youtube, anak-anak juga memanfaatkan aplikasi belajar yang bisa diunduh di android. Aplikasi ini sangat membantu proses belajar anak-anak. Terjadi percepatan dalam transfer ilmu dan anak-anak pun lebih suka karena boleh memegang gadget.

Beberapa kelebihan dari penggunaan aplikasi android dan iPad adalah kita tidak perlu menggunakan kertas sehingga lebih ramah lingkungan; memperkenalkan teknologi sejak dini dan kita mempunyai banyak pilihan materi belajar baik yang gratis atau berbayar.

Sebagai perkenalan, aplikasi belajar yang gratis bisa kita gunakan. Tapi jika anak sudah menguasainya dan perlu tambahan materi, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi berbayar.

Beberapa aplikasi yang saya unduh untuk teman belajar anak sejauh ini adalah


Seri belajar MARBEL dari Educa Studio. Mereka punya banyak aplikasi untuk belajar anak. Dari mengenal huruf dan angka, belajar huruf hijaiyah, hingga profesi. Sambil bermain, anak-anak bisa belajar mengenal huruf dan angka. Pengulangan dilakukan dengan cara yang disukai anak memberikan hasil yang lebih efektif.

dari sini

Kumpulan doa anak dari Yufid.
Isinya adalah doa-doa yang bisa dihapal oleh anak-anak. Mereka bisa menyentuh layar untuk mengulangi doa tersebut dan lama-lama bisa menghapalnya. Versi iPad malah lebih lengkap dan lebih menarik.

Pelajaran Iqra.
Saya baru sekali mencoba dan saya coba yang paling sederhana. Ada banyak pilihan pelajaran iqra yang bisa kita unduh sesuai kebutuhan.

Aplikasi Thomas and Friends
Ada beberapa kegiatan yang bisa dikerjakan anak-anak, seperti memory game atau mewarnai.

dari sini

Aplikasi Baby TV
Tidak saya rekomendasikan karena hanya berisi lagu dan cerita.

Masih banyak lagi aplikasi lain yang bisa kita gunakan sebagai teman belajar anak. Tentunya, kita perlu menyortir dan mengecek apakah aplikasi sesuai dengan target belajar dan berfungsi dengan baik. Perlu juga dicek kapasitas android atau gadget kita.

Semoga bermanfaat.
Selamat belajar.
posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...