Tuesday, February 10, 2015

Bakso Urat di Hari Bersalju



Assalamualaikum.

Bakso urat. Sebuah tantangan. Saya belum pernah sukses membuat bakso sapi, lagi, sejak pertama dulu saya membuatnya. Selalu ada saja masalah dan kesalahan yang membuat saya gagal. Bakso sapi biasa saja belum khatam, bagaimana mau buat bakso urat?

Tapi tak ada salahnya mencoba, toh? Practice makes permanent, kata ibu guru Barbara Oakley yang sedang saya ikuti mata kuliahnya. 

Jadilah saya nekat membuat bakso urat dengan chopper yang saya miliki. Chopper saya memang bisa dipakai untuk daging, jadi harap perhatikan chopper masing-masing jika ingin menggiling daging dengan chopper. Idealnya kita menggunakan food processor: Kalau belum ada, ya tak apalah. Asal sabar, bakso urat bisa dibuat.

Pas diluar salju kembali turun. Dingin-dingin makan bakso, urat pula, sedapnyaaa.


Semangkuk bakso di hari bersalju

Bakso Urat
Bahan:
200 gram daging sengkel (paha) (dana incik, untuk Turki dan sekitarnya)
50 gram daging ayam (dada)
2 sdm cornstarch
5-7 siung bawang putih
Garam
Merica

Bakso urat sudah matang

Cara membuat:
1. Potong daging sapi dan daging ayam kecil-kecil lalu giling. Jika alat kerja berukuran kecil, bagilah menjadi beberapa kali penggilingan.
2. Campur dengan cornstarch dan bawang putih serta garam dan merica yang sudah dihaluskan. Giling lagi hingga halus, semampu alat bekerja.
3. Bulatkan bakso, bisa dengan bantuan dua sendok.
4. Siapkan air mendidih dalam wadah (tidak di atas api).
5. Masukkan bakso ke dalamnya hingga adonan habis.
6. Didihkan bakso hingga matang dan naik ke permukaan.
7. Angkat dan tiriskan.
8. Siap diolah.

Catatan:
Resep ini masih jauh dari sempurna tapi rasanya sudah lumayan sesuai selera saya. Masih harus mencoba lagi ^^

Salju turun seharian di Antep

posted from Bloggeroid

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...